Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Longsor di Km 6+200 Ruas Tol Surabaya-Gempol, Berawal dari Retakan

Kompas.com - 27/01/2021, 11:47 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Longsor terjadi di sebagian ruas jalan tol Surabaya-Gempol Km 6+200 arah Gempol, Selasa (26/1/2021) malam.

Akibatnya, 2 lajur tol yang mengarah ke Gempol atau arah Waru ditutup sementara.

Menurut GM Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad Hendri Taufik, sebelum terjadi penurunan tanah di titik tersebut, pihaknya hanya menemukan retakan pada Senin (25/1/2021) tengah malam.

"Penanganan langsung dilakukan dengan penguatan tanah, serta menutup lajur 1 untuk menghindari penurunan dan retakan berlanjut," kata Hendri, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Longsor di Sebagian Ruas Tol Surabaya-Gempol, 2 Lajur Ditutup

Pada Selasa (26/1/2021) malam saat proses penanganan sedang berlangsung, penurunan tanah kembali terjadi sehingga perlu menutup 2 lajur demi keselamatan pengguna tol.

Pihak Jasa Marga, kata dia, juga berkoordinasi dengan Tim Geoteknik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk memantau kondisi longsoran tersebut.

"Sementara saat ini sedang dilakukan penanganan pertama dengan pemasangan sandbag baik itu di tepi perkerasan dan di kaki longsor," terang dia.

Secara terpisah, Kanit PJR Jatim 2 AKP Roni Faslah semula memprediksi perbaikan hanya dalam waktu satu hari saat ditemukan retakan pada Senin malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com