Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Optimistis Vaksinasi Tahap Pertama di Jateng Selesai Sebelum 28 Januari 2021

Kompas.com - 26/01/2021, 17:51 WIB
Ari Widodo,
Dony Aprian

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau proses vaksinasi tahap I termin kedua di Puskesmas Demak 1 dan RSUD Sunan Kalijaga Demak, Selasa (26/1/2021).

Seusai monitoring, Ganjar mengaku optimistis Jateng bisa menyelesaikan proses vaksinasi tahap I sebelum jadwal vaksinasi tahap II dimulai pada 28 Januari 2021.

“Persiapannya bagus, peralatannya oke, pelaksanaannya oke, Pak Kadis juga siap. Kita targetkan puskesmas minimum sehari 50 orang siap, kecil itu. Tadi rumah sakit kita targetkan 200 siap dan tadi setengah hari sudah 143 orang. Jadi artinya mencapai 200 tidak sulit. Kalau ini bisa kita lakukan maka bagus,” kata Ganjar kepada wartawan, Selasa.

Baca juga: Antisipasi Dampak PPKM, Ganjar Ajukan Tambahan Anggaran Rp 1 Triliun

Ganjar mengatakan, kesiapan dari tenaga dan fasilitas kesehatan membutuhkan dukungan dari masyarakat.

Terlebih saat ini vaksin sudah disebar oleh Kementerian Kesehatan RI hampir ke seluruh pelosok tanah air.

“Kita harapkan dukungan masyarakat, terus kemudian profesionalitas kita dari yang melaksanakan, sehingga bisa lebih cepat lebih tepat, dan kemudian membikin semangat baru,” ucap Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitip pesan kepada para tenaga kesehatan yang telah divaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kalau mencapai 70 persen total herd immunity, maka kita harapkan juga masyarakat konfiden lagi untuk beraktivitas, tapi tetap harus menjaga protokol kesehatan,” tegas Ganjar.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Solo Tercepat Nasional

Soal target vaksin, Ganjar menegaskan jika Jateng siap melaksanakan vaksinasi, sehingga saat ini pihaknya akan terus menghabiskan vaksin yang diterima dari pusat.

“Kalau target sudah ada, kan tinggal nunggu vaksinnya aja. Kalau targetnya kita 24 juta sekian, tinggal nunggu datangnya vaksin. Tenaga yang ada di puskesmas dan rumah sakit maupun vaksinatornya siap. Nanti vaksinnya datang kita habisin. Jadi kita tinggal nunggu kecepatan dari pusat,” tandas Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com