Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih PPKM, SMP Negeri 2 Tengaran Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

Kompas.com - 26/01/2021, 15:40 WIB
Dian Ade Permana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mengadakan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Simulasi PTM dilakukan untuk persiapan menjelang ujian nasional kelulusan siswa kelas IX.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo mengatakan, simulasi PTM itu dimaksudkan agar hak anak untuk mendapatkan pendidikan terpenuhi sepenuhnya.

"Kita ada lima metode pembelajaran selama pandemi, yakni luring, daring, tatap muka, kunjungan ke siswa, dan melalui media radio," jelasnya di SMP Negeri 2 Tengaran, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: 5 Kabupaten di Papua Telah Terapkan Sekolah Tatap Muka

Sukanto mengungkapkan, dengan adanya pembelajaran tatap muka maka siswa akan terfasilitasi untuk pendidikan akademis dan pendidikan karakter.

"Tujuannya agar siswa setelah menjalani ujian, saat PPDB ke jenjang selanjutnya bisa maksimal," paparnya.

Perizinan untuk memulai pembelajaran tatap muka bagi 102 SMP dan 455 SD, sudah dikoordinasikan dengan Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Semarang.

"Sekolah-sekolah tersebut sudah siap menjalankan tatap muka, alat-alat kesehatan juga sudah tersedia, ini sesuai SKB 4 menteri," kata Sukanto.

Baca juga: 3 Kabupaten di Riau Mulai Menerapkan Sekolah Tatap Muka

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tengaran Waluya mengatakan, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat selama pembelajaran tatap muka.

"Di kelas maksimal 16 siswa dari kapasitas 32 orang. Tidak ada waktu istirahat, siswa masuk pukul 08.00 hingga 11.00," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com