Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetapkan Sri Sumarni sebagai Bupati Grobogan Terpilih

Kompas.com - 21/01/2021, 17:02 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah resmi menetapkan pasangan tunggal, Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan terpilih dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Kantor KPU Grobogan, Kamis (21/1/2021).

Rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo itu dihadiri langsung oleh pasangan Sri-Bambang yang didampingi Tim Pemenangan, perwakilan partai pengusung dan perwakilan Bawaslu Grobogan.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan berdasarkan surat dari panitera Mahkamah Konstitusi RI No. 165/ PAN.MK/01/2021 tertanggal 20 Januari 2021 perihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kota 2021, tidak ada pengajuan permohonan perselisihan hasil Pilkada Grobogan.

"Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto, tata letak kanan dengan perolehan 597.463 suara, ditetapkan sebagai calon terpilih mengungguli kotak kosong," kata Agung.

Baca juga: Remaja Asal Grobogan Tewas Tenggelam di Lubang Bekas Galian Tambang

Usai penyampaian berita acara penetapan calon bupati-wakil bupati terpilih, dilakukan penandatanganan oleh Komisioner KPU Grobogan.

Kemudian, berkas tersebut diserahkan pada calon terpilih, tim pemenangan, perwakilan partai pengusung, dan Bawaslu Grobogan.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Grobogan tahun 2020 lalu tercatat hanya ada satu paslon tunggal yaitu pasangan Sri-Bambang.

Dalam Pilkada itu, ada 1.114.536 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap. Dari jumlah ini ada 708.614 orang yang menggunakan hak pilihnya atau 63,58 persen.

Baca juga: Rekapitulasi Pilkada Grobogan Rampung, Calon Tunggal Unggul, Partisipasi 63,8 Persen

Sedangkan jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya ada 405.922 orang atau sekitar 36,42 persen.

Dari rekapitulasi yang dilakukan, untuk kotak kosong memperoleh 93.776 suara atau 13,56 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com