Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Hari Jalani Isolasi Mandiri, Khofifah Masih Positif Covid-19

Kompas.com - 21/01/2021, 16:36 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - 20 hari menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa disebut masih positif Covid-19.

Namun, disebut sudah tidak menulari karena sudah 10 hari lebih diisolasi.

"Iya, masih positif, tapi tidak bergejala. Ibu Gubernur masih menjalani isolasi sesuai saran dari tim dokter," kata Staf Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril Alfarabi, saat dikonfirmasi, Kamis (21/1/2021) siang.

Meski disebut masih positif Covid-19, Jibril mengatakan virus Covid-19 yang ada di tubuh Khofifah tidak menulari.

Baca juga: Khofifah: Pemecatan Sekda Jember oleh Bupati Tidak Sah dan Cacat Prosedur

 

 

"Sesuai standar Kementerian Kesehatan, pasien Covid-19 tanpa gejala sudah tidak menulari setelah 10 hari diisolasi," ujar dia.

Namun, sesuai saran dokter memilih tetap isolasi, di antaranya juga untuk menghindari persepsi masyarakat yang belum semuanya memahami tentang Covid-19.

Yang dialami Khofifah menurut Jibril juga hal yang lumrah karena menurut penelitian, kata dia, 5 persen pasien Covid-19 masih berstatus positif sampai 33 hari ke depan.

Baca juga: Cemburu Baca Pesan di WhatsApp, Suami Cekik Istri 30 Menit hingga Tewas

Khofifah positif terinfeksi Covid-19 sejak 1 Januari 2021. Sejak saat itu, dia menjalani isolasi mandiri di salah satu rumah dinas Pemprov Jatim.

Khofifah kerap mengunggah aktivitasnya saat isolasi mandiri di akun pribadinya @khofifah.ip, seperti saat rapat virtual dengan jajaran pejabat Pemprov Jatim, saat berolahraga, menu makanan saat isolasi mandiri, memberi makan ikan di kolam, hingga pernah mengunggah kucing yang menemaninya saat isolasi mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com