Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapakah Kristen Gray, WNA yang Cuitnya soal Bali Viral di Twitter?

Kompas.com - 19/01/2021, 13:28 WIB
Reza Kurnia Darmawan

Editor

KOMPAS.com - Sejak Minggu (17/1/2021) malam, nama Kristen Gray berseliweran di lini masa Twitter. Warga negara asing (WNA) tersebut menjadi perbincangan netizen.

Namanya pun muncul dalam trending topicBali” di Twitter.

Hal Itu berawal tatkala Gray menuliskan utas tentang pengalamannya tinggal di Bali. Thread itu viral dan kemudian ramai dibahas oleh warga internet.

Apa yang membuat utas Kristen Gray viral?

Ilustrasi TwitterIst Ilustrasi Twitter

Perempuan tersebut mengisahkan bahwa dia memutuskan pindah ke Pulau Dewata pada 2019. Langkah itu terpaksa diambil karena dia kehilangan pekerjaan.

Semenjak pandemi Covid-19 menghantam dunia, khususnya Indonesia, Gray tidak bisa kembali ke negara asalnya, Amerika Serikat.

Namun, justru di Bali-lah Gray memperoleh pekerjaan lagi. Dia bekerja di bidang desain grafis.

Selain mendapat mata pencarian, dia mengungkapkan ada banyak hal yang membuatnya betah menetap di Bali. Satu di antaranya terkait biaya hidup. Ia beranggapan biaya hidup di Bali lebih murah ketimbang Amerika Serikat.

Baca juga: Bantah Kristen Gray, Imigrasi Tegaskan Tak Ada Jalur Khusus untuk WNA ke Bali Saat Pandemi

Salah satu yang ia soroti adalah murahnya biaya untuk tempat tinggal. Jika di tempat asalnya, Los Angeles, Amerika Serikat, ia harus mengeluarkan 1.300 Dollar AS, saat di Bali dia bisa memangkasnya menjadi sekitar 300 Dollar AS.

Dari pengalamannya itu, Gray mengajak warga negara asing lainnya untuk mengunjungi Bali, meski sedang dalam masa pandemi. Dalam utasnya, Gray mengaku mempunyai trik khusus dan kenalan agen visa yang bisa membantu turis asing masuk ke Bali saat pandemi.

Banyak netizen yang berseberangan dengan pendapatnya itu. Mereka beralasan bahwa pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia dan dunia.

Usai viral dan memantik reaksi negatif warga dunia maya, akun Twitter Kristen Gray, @kristentootie, menghilang dari media sosial berlogo burung itu.

Lalu, di manakah Kristen Gray sekarang?

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto ditemui di kantornya, Senin (18/1/2021).Kompas.com/ Imam Rosidin Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto ditemui di kantornya, Senin (18/1/2021).

Pihak Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali telah mengetahui tempat tinggal Gray.

"Sudah diketahui alamatnya dan kami juga sudah dapat dia izin tinggalnya ada di Imigrasi Denpasar, terus kemudian alamatnya pada saat itu posisi dia di Karangasem," kata Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto, kepada Kompas.com, Selasa (19/1/2021) pagi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com