Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donasi untuk Korban Longsor Sumedang Terkumpul Rp 2,2 Miliar

Kompas.com - 18/01/2021, 15:04 WIB
Aam Aminullah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, telah mengetuk hati para dermawan.

Tidak sedikit dari kalangan pemerintahan, korporasi, hingga perorangan yang terketuk hatinya untuk membantu korban longsor Sumedang.

Para dermawan ini datang sehari pasca bencana longsor terjadi pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

Baca juga: Update Longsor Sumedang, Tim SAR Temukan Jasad 2 Anak, Total Korban Tewas Jadi 36

Juru Bicara Posko Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Sumedang Asep Taufik mengatakan, total donasi yang terkumpul untuk korban longsor dari berbagai pihak mencapai Rp 2,2 miliar.

"Donasi yang terkumpul hingga saat ini sebesar Rp 2,250,000,400," ujar Asep kepada Kompas.com di Posko Utama Tanggap Bencana Sumedang di SMAN Cimanggung, Minggu (17/1/2020).

Asep menuturkan, untuk mencegah terjadinya kerumunan di lokasi penampungan donasi, Pemkab Sumedang saat ini telah membuka rekening donasi.

Dengan begitu, warga dari luar Kabupaten Sumedang yang akan berdonasi bisa langsung mengirimkannya melalui nomor rekening Bank BJB 0113092963100.

"Rekening ini untuk memudahkan warga dari luar Sumedang yang ingin memberikan donasi untuk para korban bencana. Dengan begitu juga para donatur dapat terhindar dari kontak erat atau kerumunan di tengah situasi yang masih pandemi ini," tutur Asep.

Baca juga: Menteri PUPR Merasa Ngeri Lihat Perbukitan Jadi Perumahan di Sumedang

Asep menyebutkan, donasi yang terkumpul ini dikelola secara transparan dan dapat diketahui oleh seluruh masyarakat melalui aplikasi Sitabah.

"Aplikasi ini kami buat khusus untuk menginformasikan seputar perkembangan bencana longsor di Sumedang. Termasuk di dalamnya informasi donasi dari para donatur. Aplikasi Sitabah ini dapat diakses melalui www.sumedang.go.id," sebut Asep.

Update korban tewas dan pengungsi

Asep menambahkan, hingga saat ini, total korban tewas akibat longsor di Cimanggung Sumedang sebanyak 32 orang.

Sementara itu, 8 orang lainnya masih dalam pencarian.

Selain itu, 3 orang luka berat dan 22 orang lainnya luka ringan akibat bencana longsor di Kecamatan Cimanggung tersebut.

"Untuk jumlah pengungsi hingga saat ini tercatat ada sebanyak 985 jiwa dari 279 kepala keluarga," kata Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com