Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Bandung Oded M Danial Sembuh dari Virus Corona

Kompas.com - 16/01/2021, 05:25 WIB
Putra Prima Perdana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Oded M Danial dinyatakan sembuh dan dinyatakan negatif dari virus corona.

Hasil tersebut berdasarkan swab test ulang yang keluar pada Kamis (14/1/2021).

Oded dinyatakan negatif sehari pasca penyuntikan pertama vaksin Covid-19 dilakukan di Kota Bandung.

Baca juga: Sekda hingga Ariel Noah Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin di Bandung

Seperti diketahui, pada Kamis pekan lalu, Oded terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Kemudian dia menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Oded dan Wakil Wali Kota Yana Mulyana tidak bisa mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama lantaran telah terpapar Covid-19.

Padahal, sebelumnya Oded sempat menyatakan siap menjadi orang pertama di Kota Bandung yang akan menerima vaksin Covid-19.

"Alhamdulillah swab terbaru tadi malam, kalau Mang Oded sudah dinyatakan negatif Covid-19," kata Oded dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Ini Pesan Terakhir Syekh Ali Jaber kepada Ridwan Kamil

Selama 8 hari menjalani isolasi mandiri, Oded mengaku tetap berusaha tenang dan tidak panik.

Dia pun mengikuti anjuran dokter agar lebih meningkatkan protokol kesehatan, istirahat yang cukup, makan teratur, berjemur, dan olahraga.

"Selama hampir 8 hari itu Mang Oded terus olahraga dan berjemur. Begitu pula, selama di rumah Mang Oded biasakan memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak," kata dia.

Menurut Oded, menaati protokol kesehatan merupakan salah satu kunci untuk bisa sembuh dari Covid-19.

Oded mengaku sangat bersyukur kepada Tuhan dan mengucapkan terima kasih, khususnya kepada semua warga Kota Bandung yang tak henti-hentinya mengirimkan doa untuk kesembuhannya.

"Wargi Bandung yang dicintai, Mang Oded mohon izin menghaturkan terima kasih atas doa-doa yang mengalir. Insya Allah memberi kekuatan selama menjalani isolasi mandiri," kata dia.

Sebagai penyintas Covid-19, ia berharap warga Kota Bandung bisa lebih peduli dan meningkatkan protokol kesehatan, lantaran pandemi Covid-19 ini belum berakhir.

"Pesan Mang Oded untuk yang lainnya, tetaplah menaati protokol kesehatan. Menghindari keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, hindari berkerumun, cukupkan tidur, olahraga, dan makan yang banyak," tutur Oded.

Selain itu, Oded meminta agar warga Kota Bandung yang merasakan gejala-gejala mirip Covid-19 untuk segera melakukan pemeriksaan.

"Bagi warga Kota Bandung yang mungkin saat ini memiliki gejala umum dan dinyatakan positif Covid-19, Mang Oded berpesan agar tidak panik, tetap tenang dan mengikuti petunjuk tenaga medis. Insyaallah jika tertangani sejak dini, gejala Covid tidak akan memburuk," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com