Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Sulbar, Gubernur Sulsel Lakukan Pemantauan via Udara

Kompas.com - 15/01/2021, 15:30 WIB
Hendra Cipto,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah bersama Pangdam XIV Hasanuddin dan Kapolda Sulsel mengecek langsung keadaan pasca-gempa yang menimpa Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (14/1/2021).

“Kemudian gempa bumi yang terjadi di Sulbar mudah-mudahan pemerintah, gubernur dan jajaran di sana diberikan kekuatan. Insya Allah kita akan bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Sulbar,” kata Nurdin Abdullah, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Pemprov Sulsel Mulai Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Sejauh ini, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan PLN untuk segera memperbaiki jaringan maupun aliran listrik.

“Saya sebentar dengan Pangdam dan Kapolda melihat apa kira-kira yang bisa kita dorong. Danlantamal tadi saya sudah koordinasi untuk mengirim armada karena jalanan putus. Saya sendiri sudah kirim banyak sembako ke sana,” jelasnya.

Nurdin menambahkan, BPBD Sulsel tengah mempersiapkan kebutuhan yang dibutuhkan warga korban gempa di Sulbar.

“BPBD Sulsel sekarang kita persiapkan, makanya kita mau ke sana mengecek apa saja kebutuhan yang mendesak yang kira-kira kita segera disiapkan,” pungkasnya.

Baca juga: Aliran Listrik di Sulbar Terputus Usai Gempa Magnitudo 6,2

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, dan sekitarnya pada Jumat (15/1/2021) sekitar 01.28 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 6 kilometer timur laut Majene. Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Sebelumnya, pada Kamis (14/1/2021) sekitar 13.35 WIB, Majene juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com