Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Gempa Majene, SAR Palu Berangkatkan 2 Tim dan Peralatan

Kompas.com - 15/01/2021, 12:06 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALU, KOMPAS.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Sulawesi Tengah memberangkatkan dua tim menuju lokasi bencana gempa magnitudo 6,2 di Kabupaten Majene Sulawesi Barat.

Diperkirakan, tim SAR Palu akan tiba di lokasi bencana gempa bumi sekitar pukul 15.00 Wita.

Kepala Pencarian dan Pertolongan Palu Andrias Hendrik Johanes mengatakan setelah menerima laporan dari SAR Mamuju, sebanyak 12 orang diberangkatkan, Jumat (15/1/2021), sekitar pukul 06.30 Wita.

"Kami memberangkatkan dua tim dengan 2 kendaraan operasional untuk membantu di lokasi bencana gempa," kata Kakansar Palu Andrias, dihubungi KOMPAS.com, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Dua Warga Terjebak di Reruntuhan Puing Kantor Gubernur Sulbar saat Gempa Majene

Tim SAR Palu juga membawa tenda untuk buka posko, alat komunikasi dan peralatan pendukung SAR  lainnya, termasuk juga alat pelindung diri (APD) Covid-19.

Sementara, untuk akses jalan darat, Andrias mengatakan aman dan bisa dilalui oleh kendaraan.

"Kami mendapat informasi jika akses jalan menuju lokasi bisa dilalui, makanya tim kami berangkatkan,"  ujarnya.

Data sementara yang di terima oleh SAR Palu, di Kabupaten Majene 8 orang meninggal dunia, 637 orang luka dan masih dalam pendataan, serta kurang lebih 3.000 orang mengungsi.

Sementara terjadi longsor di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju, menyebabkan akses jalan terputus. Sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit puskesmas dan kantor danramil Malunda dalam kondisi rusak berat.

Data sementara kerusakan di Kabupaten Mamuju, Hotel Maleo dan kantor Gubernur Sulbar rusak berat. Untuk kerusakan rumah warga juga masih didata. Dan jaringan listrik padam.

Kondisi ini disebabkan 2 kali gempa bumi yang terjadi di wilayah Sulawesi Barat. Gempa dengan magnitudo 5,9 terjadi pada Kamis (14/1/2021) pukul 14.35 Wita.

Kemudian, gempa dengan magnitudo 6,2 terjadi Jumat (15/1/ 2021) pukul 02:28 Wita. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com