Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Rumah di Entikong Kalbar Terendam Banjir, Warga Diungsikan

Kompas.com - 14/01/2021, 15:43 WIB
Hendra Cipta,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Puluhan rumah di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) terendam banjir mulai Kamis (14/1/2021) pagi.

Banjir setinggi satu meter tersebut disebabkan luapan Sungai Sekayam akibat hujan deras yang terjadi dalam dua hari terakhir.

Kapolsek Entikong AKP Oloan Sihombing mengatakan, anggota kepolisian telah mendatangi sejumlah wilayah terdampak dan mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi.

Baca juga: Jalan ke Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin Tergenang Banjir, Arus Lalu Lintas Dialihkan

"Anggota Polsek Entikong sudah mendatangi lokasi terjadinya banjir dan melaksanakan pengecekan serta membantu warga mencari tempat yang aman banjir," kata Oloan dalam keterangan tertulisnya, Kamis siang.

Selain itu, aparat juga membantu proses pemindahan barang-barang berharga milik warga serta membersihkan kayu dan sampah yang menyumbat aliran air ke sungai.

"Kami mengimbau warga agar mengungsi ke tempat yang lebih aman mengingat curah hujan yang cukup tinggi untuk menghindari banjir susulan," ujar Oloan.

Oloan menyebut, berdasarkan data sementara, rumah terdampak banjir sebanyak 40 rumah di Desa Entikong, Kecamatan Entikong.

Baca juga: Bermain Air Saat Banjir, Seorang Balita di Banjarbaru Kalsel Tewas Tenggelam

Selain itu, lanjut Oloan, juga terjadi longsor di Jalan Malindo, Desa Entikong. Longsor tersebut menimpa satu rumah yang tidak berpenghuni.

"Pemilik rumah sudah pindah, dikarenakan sering terjadi longsor. Untuk sementara debet air sudah surut dan tidak ditemukan adanya korban jiwa," ucap Oloan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com