Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Longsor Susulan di Sumedang, Kapolres Selamat Setelah Berlindung di Masjid

Kompas.com - 11/01/2021, 13:57 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Bencana longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021).

Akibat musibah itu, warga dan sejumlah tim SAR yang melakukan evakuasi turut menjadi korban akibat adanya longsor susulan.

Dari data sementara hingga Minggu (11/1/2021), sebanyak 13 orang ditemukan tewas, 3 orang luka berat, 22 orang luka ringan, dan 27 orang belum ditemukan.

Adapun korban selamat dalam musibah tersebut salah satunya adalah Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto.

Eko mengatakan, tim dari Polres tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 18.45 WIB.

Kedatangannya bersama dengan tim SAR yang lain saat itu untuk melakukan peninjauan lokasi dan membantu evakuasi warga.

Baca juga: Cerita Kapolres Sumedang, Lolos dari Longsor Susulan berkat Kokohnya Masjid, Aksinya Pecahkan Jendela Selamatkan 4 Nyawa

Sebab, saat terjadi longsor pertama pada pukul 15.30 WIB itu diketahui banyak rumah dan warga yang menjadi korban.

"Saya tiba (di lokasi longsor) sekitar 18.45, lalu saya cek lokasi longsor pertama. Hasil pemantauan saat itu, 18 unit rumah tersapu longsor dan dua unit rumah saat itu tengah ada penghuninya dengan masing-masing rumah ada empat jiwa," tutur Eko.

Setelah melakukan peninjauan itu, ia dan tim SAR bersama dengan para jurnalis kembali ke posko di sekitar Masjid An-Nur untuk mematangkan upaya evakuasi.

Berlindung di masjid dengan pecahkan kaca

Tak berselang lama saat melakukan rapat itu, longsor susulan kedua terjadi dengan waktu yang cukup singkat.

Personel gabungan lainnya yang terdiri Danramil Cimanggung, personel BPBD Sumedang, dan Kasitrantibum Satpol PP Kecamatan Cimanggung berlari menuju arah lain untuk menyelamatkan diri.

"Tiba-tiba, ada suara gemuruh yang keras diikuti lantai yang bergetar. Semua berlarian ke segala arah, saya termasuk yang paling terlambat lari karena ke dalam masjid pintu sudah berebutan untuk masuk, menyusuri setapak masjid dan sudah penuh orang, mereka jatuh, dan saling bertindihan," ujar Eko.

Mengetahui warga saling berebut masuk ke masjid melalui pintu utama itu, lalu ia berinisiatif memecahkan jendela masjid. Dengan harapan dapat membuat jalan baru bagi warga yang akan menyelamatkan diri.

"Setelah kaca jendela dipecahkan, saya loncat ke dalam masjid diikuti beberapa wartawan," tutur Eko.

Baca juga: Fakta Bencana Longsor di Sumedang, Danramil dan Kasi BPBD Tewas Tertimbun Saat Bantu Evakuasi Warga

Saat berlindung di dalam masjid itu, dirinya hanya pasrah dan kalaupun ajalnya tiba, ia berharap jenazahnya dapat mudah ditemukan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com