Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Kepala Pelaksana BPBD Jepara Meninggal akibat Covid-19

Kompas.com - 06/01/2021, 19:56 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Dony Aprian

Tim Redaksi

JEPARA, KOMPAS.com - Seorang perawat Puskesmas Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Hidayatus Sholihah meninggal akibat terinfeksi virus corona (Covid-19), Rabu (6/1/2020).

Diketahui, almarhumah merupakan istri dari Kusmiyanto, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara.

"Kami sangat kehilangan salah satu perawat terbaik yang kami miliki. Selama ini beliau selalu berada di garda tedepan melawan penyebaran Covid-19. Beliau gugur menjalankan profesinya melayani masyarakat," kata Kepala Puskesmas Mlonggo dr Eko Cahyo Puspeno saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Pedagang Meninggal akibat Covid-19, Pasar Besar Kota Madiun Ditutup

Dijelaskan Eko, semula yang bersangkutan menjalani perawatan intensif di RSI Sultan Hadlirin Jepara pada 31 Desember lalu.

Hanya saja akibat kondisi kesehatannya yang kian menurun, almarhum kemudian dirujuk ke ruang isolasi teratai, RSUD RA Kartini Jepara pada 5 Januari 2021.

"Beliau gugur pagi tadi sekitar pukul 04.00," kata Eko.

Jenazah Hidayatus Sholihah dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19 di tempat pemakaman umum Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara, sekitar pukul 09.00.

Baca juga: Dokter Senior RSUD Cepu Blora Meninggal karena Covid-19

Sebelum dikebumikan, jenazah diapresiasi dengan upacara penghormatan terakhir di RSUD RA Kartini Jepara.

Pelepasan jenazah dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko beserta jajaran BPBD Kabupaten Jepara dan Puskesmas Mlonggo.

Meninggalnya Hidayatus Sholihah, menambah daftar panjang tenaga kesehatan dan tenaga medis yang gugur dalam perjuangan melawan Covid-19 di Kabupaten Jepara.  

Pada Juni 2020 seorang tenaga kesehatan senior RSUD RA Kartini, Siti Fatimah (56) yang telah mengabdi selama 28 tahun di rumah sakit tersebut meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19.

Menyusul kemudian seorang perawat senior Puskesmas Bangsri, Yadi Siswanto, (54) dan Agus Ariyanto, tenaga kesehatan RSUD RA Kartini Jepara.

Sementara itu, dari kalangan dokter sudah ada dua orang yang gugur, yakni almarhum dr Yoyok Setiyono dan dr Anie Roviana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com