Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Divaksin Covid-19 Pertama di Jateng, Ganjar: Siaplah, "Mosok Ora Siap"

Kompas.com - 06/01/2021, 16:20 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal menjadi orang pertama yang  divaksin di Jawa Tengah.

Hal tersebut menyusul perintah dari Presiden Joko Widodo saat Rapat Terbatas bersama Menteri dan Gubernur pada Rabu (6/1/2020).

Jokowi meminta seluruh kepala daerah menjadi orang yang pertama disuntik vaksin Covid-19 untuk memberikan contoh kepada masyarakat.

Baca juga: Ganjar Pesan 100 GeNose, Alat yang Siap Baru 32 Buah

Jokowi juga meminta seluruh daerah benar-benar mempersiapkan dengan matang rencana vaksinasi.

"Saya kira itu perintah Presiden bagus, jadi akan bisa menjadikan contoh. Maka Jateng sudah menyiapkan, Dinkes sudah menyiapkan. Kalau Presiden itu tanggal 13 (Januari) divaksin maka daerah sudah inline dengan perintah Pak Presiden kita tanggal 14 (Januari)," jelas Ganjar di kantornya, Rabu (6/1/2021).

Ganjar sendiri mengaku siap menjadi yang pertama divaksin di Jawa Tengah.

Sebab, sebagai pemimpin patut memberikan contoh sehingga masyarakat semakin yakin soal vaksin Covid-19.

"Siaplah, mosok ora siap (masa tidak siap), Presiden saja siap kok. Ya memang tadi Presiden memberikan catatan kecilnya menunggu izin dari BPOM, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa keluar," katanya.

Baca juga: Ganjar Borong 100 GeNose Buatan UGM Seharga Rp 62 Juta

Ganjar menegaskan, Jateng sebenarnya sudah menyiapkan secara matang terkait vaksinasi. Target pertama yang disasar adalah tenaga kesehatan.

"Saya sih memberikan banyak kesempatan kepada mereka yang berhak, tapi kalau contoh dari pejabat penting, maka pejabat yang harus pertama. Saya kira, kalau pakar ngecek, BPOM ngecek, ya kita harus yakin. Tapi kalau memang butuh contoh, saya kira nantinya Bupati/Wali Kota bisa mengikuti setelah kami," ucapnya.

Kendati demikian, saat ini pemerintah masih menunggu izin penggunaan atau edar darurat (Emergency Use of Authorization) dari BPOM yang ditargetkan keluar dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com