Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Akhir Maret

Kompas.com - 05/01/2021, 17:28 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Badan Pertanahan Nasional/Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menargetkan pembabasan lahan untuk pembangunan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) rampung seluruhnya pada bulan Maret 2021.

Kepala BPN/ATR Kabupaten Sumedang Agus Sumiarsa mengatakan, karena terkendala berbagai hal di lapangan, target yang seharusnya dapat dicapai pada akhir tahun 2020 ini maju menjadi pada akhir Maret 2021.

"Kami targetkan untuk pembabasan lahan Tol Cisumdawu ini selesai seluruhnya pada akhir Maret 2021 ini," ujar Agus usai Zoom meeting dengan Presiden Joko Widodo terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada Kompas.com di Gedung Negara, Sumedang, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Kecelakaan Maut di Jalan Proyek Tol Cisumdawu Sumedang, 2 Tewas 4 Luka-luka

Agus menuturkan, adanya keluhan warga terkait keterlambatan pembayaran lahan yang terdampak Tol Cisumdawu di Sumedang karena pembebasan lahan harus dilakukan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian.

"Ini uang negara, sehingga 1 sen pun harus dipertanggungjawabkan. Kami pun tentunya ingin cepat-cepat selesai, tapi kami tentunya harus tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian, ketelitian, sehingga kita nanti tidak salah bayar, salah ukur dan sebagainya," tutur Agus.

Agus menyebutkan, pada akhir Maret 2021 dipastikan seluruh lahan untuk proyek pembangunan ruas jalan Tol Cisumdawu yang mencakup 60 kilometer jalannya berada di Sumedang selesai seluruhnya.

"Kami pastikan akhir Maret ini selesai semuanya. Karena ini menjadi program pemerintah pusat, sehingga harus selesai secepatnya," sebut Agus.

Baca juga: Sempat Bikin Geram Jokowi, Apa Kabar Progres Tol Cisumdawu?

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pemerintah daerah akan mendorong upaya percepatan pembebasan lahan hingga pembangunannya.

Sehingga, target Presiden Joko Widodo yang mencangkan Tol Cisumdawu dapat beroperasi dan tersambung dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka pada akhir Desember 2021 dapat terealisasi.

"Insya Allah targetnya akan tercapai. Pemerintah daerah sinergi dengan pihak terkait untuk Tol Cisumdawu ini," kata Dony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com