Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surabaya Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 05/01/2021, 17:26 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyatakan kesiapannya dalam menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat terkait vaksinasi Covid-19.

Rencananya, vaksinasi di Indonesia akan dimulai serentak di Jakarta pada tanggal 13 Januari 2021.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), melalui video telekonferensi Selasa (5/1/2021).

"Intinya untuk kesiapan vaksin ini akan dimulai serentak secara nasional minggu depan. Di Jakarta itu diawali tanggal 13 Januari 2021 hari Rabu," kata Whisnu, di Balai Kota Surabaya, Selasa.

Baca juga: Per 14 Januari, 14.604 Tenaga Kesehatan Palembang Disuntik Vaksin Covid-19

Selanjutnya, kata Whisnu, vaksinasi Covid-19 akan ditindaklanjuti di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada tanggal 14-15 Januari 2021.

Terkait hal itu, ia mengaku sudah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya agar menanyakan terkait vaksinasi Covid-19 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

"Karena vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat turun ke provinsi," kata dia.

Pria yang akrab disapa WS ini menyatakan, belum mengetahui berapa jumlah kuota vaksin Covid-19 yang bakal diterima Kota Surabaya.

Makanya, ia menginstruksikan jajarannya agar berkomunikasi dengan Pemprov Jatim terkait jumlah vaksin yang akan diterima Surabaya.

"Kami belum bisa dapat kepastian (jumlah yang diterima Surabaya). Karena hari ini baru tadi kami instruksikan Kadinkes dan Pak Sekda. Nah, kalau memang iya, berarti kami akan jadwalkan juga serentak hari Kamis (15/1/2021) dan Jumat (16/1/2021)," ungkap Whisnu.

Meski demikian, Whisnu memastikan kesiapan Pemkot Surabaya dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19. Baik itu secara teknis maupun petugas di lapangan.

"Kalau dari sisi teknis kami siap. Kapanpun kami sudah siap," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com