Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Gubernur Riau dan Istri Sembuh dari Covid-19, Berawal dari Klaster Dharma Wanita

Kompas.com - 31/12/2020, 12:31 WIB
Citra Indriani,
Jessi Carina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sejak dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani perawatan di rumah sakit awal Desember 2020 lalu, Gubernur Riau Syamsuar dan juga istrinya, Misnarni Syamsuar kini telah dinyatakan sembuh dari paparan virus corona atau Covid-19.

Orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini sembuh setelah dirawat di rumah sakit selama 23 hari.

Saat ini Gubernur Riau dan istri menjalani pemulihan kesehatan di rumahnya, setelah tim medis memperbolehkan pulang beberapa hari lalu. Hasil test swabnya juga sudah negatif.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Gubernur Riau Jalani Masa Pemulihan di Rumah

"Gubernur Riau masih menjalani proses pemulihan usai sembuh dari Covid-19. Segala aktivitasnya masih diatur oleh tim medis," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (31/12/2020).

Dalam masa pemulihannya, Syamsuar dibantu oleh tim RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau di Kota Pekanbaru dan sesuai dengan rekomendasi dokter.

Proses itu akan berlangsung beberapa minggu ke depan, sampai kondisinya benar-benar pulih.

Menurut Yovi, ada penilaian dan variabel-variabel dari tim medis untuk bisa kembali beraktivitas, serta skala teknis untuk mengukurnya. 

"Untuk memantau kondisi Gubernur Riau di rumah, Satgas Covid-19 juga bekerja sama dengan tim protokol dari kediaman Gubernur Riau. Sehingga lebih mudah terpantau secara maksimal," kata Yovi.

Awal mula terjangkit

Syamsuar diumumkan positif Covid-19 pada Selasa (1/12/2020) lalu. Ia diduga tertular dari istrinya, Misnarni Syamsuar, dari klaster Dharma Wanita.

Baca juga: 23 Hari di RS karena Covid-19, Gubernur Riau Sudah Pulang ke Rumah Dinas

Sebab, istri Gubernur Riau bersama sejumlah istri pejabat Pemprov Riau mengadakan acara Dharma Wanita di Kabupaten Bengkalis beberapa waktu lalu.

Bahkan, beberapa kepala dinas di lingkungan Pemprov Riau juga tertular virus mematikan itu hingga disimpulkan berasal dari klaster Dharma Wanita.

Penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemprov Riau pertama diketahui menyerang tiga ajudan Gubernur Riau beserta istrinya, Misnarni. 

Saat itu, Misnarni juga turut terserang virus corona tersebut. Selanjutnya menular ke beberapa orang yang mengikuti kegiatan Dharma Wanita.

Bahkan, penularan itu menjadi klaster terbaru kala itu. Kemudian sederet kepala dinas di Riau serta para istri pejabat itu juga terpapar virus. 

Namun, Yovi menyebutkan, saat ini seluruh klaster Dharma Wanita telah dinyatakan sembuh dan negatif dari virus corona.

Para pejabat kini juga sudah aktif beraktivitas seperti seperti biasa. Kecuali Gubernur Riau yang masih menjalani masa pemulihan.

"Untuk seluruh klaster Dharma Wanita sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Sementara Gubernur masih menjalani pemulihan yang dipantau oleh tim dokter," kata Yovi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com