Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Baswedan Gubernur Terpopuler dan Tervokal di 2020, Disusul Ridwan Kamil

Kompas.com - 31/12/2020, 09:47 WIB
Reni Susanti,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur terpopuler atau terpegah dan tervokal 2020.

Hal itu disampaikan Indonesia Indicator (I2) dalam riset kebijakan dan kinerja kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dalam sorotan media dan media sosial.

"Anies Baswedan muncul sebagai top person (terpegah) dan top influencer (tervokal) dalam isu Covid-19, baik di media massa maupun media sosial," ujar Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang, saat dihubungi Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Anies Baswedan Masih Jalani Isolasi Mandiri, 3 Minggu Setelah Dinyatakan Positif Covid-19

Rustika menjelaskan, sepanjang 1 Januari-15 Desember 2020, total pemberitaan terkait isu Covid-19 mencapai 5.465.266 berita dari 4.419 media online di Tanah Air.

Dari jumlah itu, total pemberitaan Anies mencapai 81.896 berita. Ia banyak disorot mengenai kebijakan PSBB DKI Jakarta, kebijakan denda, hingga wacana rem darurat.

Di posisi kedua ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan total pemberitaan 48.397.

Media memberitakan Jabar sebagai provinsi pertama yang mendeklarasikan Siaga 1 Pandemi Covid-19 sejak Januari, selain mempopulerkan istilah adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Atensi Ridwan Kamil juga ditujukan saat memutuskan untuk membeli PCR di Korea Selatan ketika PCR masih testing di Jakarta, selain juga membuat kebijakan soal Zonasi.

Dua nama gubernur ini tidak bisa dilepaskan dari isu politik mengenai kepulangan Muhammad Rizieq Shihab ke Jakarta dan melakukan acara pernikahan di Petamburan, kemudian pengajian di Megamendung, Bogor.

Kedua kepala daerah ini diperiksa kepolisian terkait kasus ini. Ridwan Kamil bahkan sempat di-framing media berseteru dengan Menko Polhukam Mahfud MD. Isu ini turut menyumbangkan pemberitaan yang cukup tinggi mengenai keduanya.

Baca juga: 4 Gubernur Terinfeksi Covid-19 dalam 9 Bulan Pandemi, Termasuk Anies Baswedan

Posisi ketiga ditempati Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 34.848 berita. Menurut Rustika, Khofifah disorot media dalam inisiasi Kampung Tangguh hingga perseteruan dengan Risma mengenai penanganan Covid-19 di Kota Surabaya.

Posisi keempat ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 27.319 berita.

Sementara, Gubernur Riau Syamsuar menduduki posisi kelima dengan 13.684 berita.

Posisi keenam hingga ke-10 Gubernur Terpegah diduduki Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah 13.033 berita, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dengan 12.979.

Lalu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi dengan 11.521 berita, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dengan 9.769 berita dan Gubernur Banten Wahidin Halim dengan 7.859 berita.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com