Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Nenek Bollo Dibuang 3 Anaknya, 7 Bulan Tinggal di Gubuk dan Dirawat oleh Tetangga

Kompas.com - 30/12/2020, 11:26 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Sejak 7 bulan terakhir, Nenek Bollo yang berusia 60 tahun tinggal di gubuk kecil berukuran 2x2 meter berdinding seng dan beralaskan tikar sederhana.

Gubuk tersebut berada di belakang pemukiman warga Dusun Bontolebang, Desa Pattalassang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Nenek Bollo tinggal di gubuk tersebut setelah diusir oleh tiga anaknya karena sakit-sakitan dan lumpuh sejak tiga tahun terakhir.

"Anaknya ada tiga orang dan semuanya telah berkeluarga dan mereka sudah tidak sanggup lagi merawatnya makanya dia tinggal di sini," kata Daeng Sompa (45), salah seorang warga setempat saat Kompas.com. berkunjung pada Rabu, (30/12/2020).

Baca juga: Sakit-sakitan Tak Kunjung Sembuh, Nenek Bollo Dibuang Anaknya

Dimandikan dan diberi makan tetangga

Gubuk berukuran 2 x 2 meter dihuni oleh seorang nenek yang menderita lumpuh setelah dibuang oleh anak anaknya. Rabu, (30/12/2020).KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T. Gubuk berukuran 2 x 2 meter dihuni oleh seorang nenek yang menderita lumpuh setelah dibuang oleh anak anaknya. Rabu, (30/12/2020).
Selama tinggal di gubuk tersebut perawatan dan kebutuhan makan Nenek Bollo dipenuhi oleh warga sekitar.

Tak hanya itu. Warga juga bergantian memandikan Nenek Bollo. Selain itu ada juga warga yang memberikan kelambu untuk Nenek Bollo agar terhindar dari gigitan nyamuk.

"Alhamdulillah di sini ada kelambu yang saya pakai jadi aman dari nyamuk," kata Nenek Bollo.

Baca juga: Seorang Nenek 90 Tahun Dilaporkan Hilang, Sandal dan Parang Ditemukan di Pinggir Jurang

Sementara itu salah satu tetangga Nenek Bollo, Daeng Mami (50) bercerita jika warga sekitar sudah beberapa kali mengajukan permohonan bantuan pengobatan kepada pemerintah setempat.

Namun mereka terkendala dengan administrasi kependudukan.

"Kami sudah sering melapor ke pemerintah desa dan kecamatan tapi terkendala Kartu Keluarganya (Nenek Bollo) tidak ada jadi tidak bisa dapat bantuan," kata Daeng Mami.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Abdul Haq | Editor : Aprillia Ika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com