Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Keluarga Kristiani Ibadah Natal di Rumah, Sulap Ruang Makan hingga Khotbah Live Streaming

Kompas.com - 26/12/2020, 08:04 WIB
Dani Julius Zebua,
Khairina

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com – Perayaan Natal di masa pandemi Covid-19 begitu berbeda. Ibadah Natal pada 24 dan 25 Desember yang biasanya digelar di gereja dan dipenuhi ribuan umat, kini hampir seluruh gereja menyuruh jemaatnya untuk mengikuti ibadah di rumah saja secara live streaming.

Jemaat yang bisa beribadah di gereja jumlahnya amat dibatasi. Itupun dibagi perwakilan per wilayah.

Seperti halnya keluarga Agustina Darawati yang bermukim di Sidorejo Lor, Salatiga, Jawa Tengah. Kali ini mereka terpaksa beribadah di rumah mengikuti anjuran gereja.

Baca juga: Narapidana Kasus Korupsi di Makassar Tidak Dapat Remisi di Hari Raya Natal

Agar suasana terasa seperti di ‘gereja’, anak-anak Agustina menyulap ruang makan keluarga menjadi ruang ibadah. Televisi layar datar diletakkan di atas meja depan. Pohon Natal di sebelah televisi.

Kemudian kursi ruang makan disusun berjarak satu meter dari depan-belakang, kiri-kanan. Juga sofa ruang keluarga.

“Di tempat seperti inilah kami mengikuti ibadah gereja live streaming yang ditampilkan lewat televisi,” kata Agustina setelah ibadah selesai, Jumat (25/12/2020).

Keluarga yang hadir hanya keluarga inti. Anak-anak dan cucu-cucunya. Mereka pakai baju rapi, seragam batik dan berdandan.

Dua anak Agustina kebetulan bermukim di kota yang sama. Sedangkan anak keduanya bersama menantu dan seorang cucunya datang dari Yogyakarta beberapa hari lalu.

Mereka datang menumpang kendaraan pribadi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Di perjalanan tak ada acara singgah. Peralatan kesehatan seperti masker, vitamin, cairan disinfektan, dan hand sanitizer menjadi perbekalan wajib. Begitupun untuk urusan makan dan minum di perjalanan yang dibawa sendiri dari rumah.

Tepat hari Jumat (25/12/2020), pukul 09.00 WIB, ibadah mulai. Mereka mengikuti tahap demi tahap ibadah GPIB Tamansari.

Agustina, suaminya, ketiga anak-menantu, dan tujuh cucunya khidmat duduk di kursi masing-masing. Mereka semua berpakaian rapi, juga pakai masker. Tak ubahnya seperti ibadah di gereja.

Mendendangkan lagu, berdoa, kadang berdiri bersama, kemudian duduk, juga mendengarkan khotbah dengan saksama.

Suasana hening, hanya terdengar suara Pendeta Erika Mataheru – Tataung memimpin ibadah lewat televisi yang tersambung dengan jaringan WiFi. Mereka semua menyimak.

Dalam khotbahnya, Erika mengungkapkan bahwa kini semua berlangsung sederhana, tidak ada acara open house, tak ada perayaan dan tidak boleh kumpul-kumpul, karena harus taat pada protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Sekalipun begitu, umat Kristen tetap bisa merasakan dan berbagi sukacita Natal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com