Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 19 Jam Pencarian, Tim SAR Akhirnya Temukan Korban Tertimbun Longsor di Lembang

Kompas.com - 26/12/2020, 07:32 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dedi Rohendi (43) korban tertimbun longsor di Kampung Lebak Cihideung, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat  ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Setelah proses evakuasi yang dilakukan berjam-jam akhirnya tim berhasil menemukan Dedi tertimbun material longsor kurang lebih sedalam 1 meter sekitar pukul 18.39 WIB.

"Ditemukan dalam keadaan meninggal," kata kepala seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono dalam keterangannya, Jumat (25/12/2020).

Baca juga: Longsor Timbun 2 Rumah di Lembang, 1 Orang Hilang

Tim kemudian mengevakuasi korban sekitar pukul 17.00 WIB dan langsung membawa jenazahnya ke rumah duka.

Pencarian korban sendiri dilakukan dengan berbagai upaya mulai dari penggalian secara manual hingga mengerahkan anjing pelacak (K9). Pencarian pun sempat terhambat hujan. Meski begitu, tim terus melakukan pencarian.

Seperti diketahui, perisitiwa longsor ini terjadi pada Kamis (24/12/2020) setelah hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat dan sekitarnya.

Tebing setinggi 10 meter mengalami longsor dan menimbun dua rumah di bawahnya.

Empat orang penghuni rumah pun tertimbun, tiga di antaranya bernama Ani Suryani (41), Dani (19), dan Adi (5) berhasil diselamatkan, akan tetapi Dedi masih hilang dalam timbunan material.

Baca juga: Tambang Pegunungan Kendeng Pati Longsor, Sopir Truk Tewas Tertimbun

Tim SAR gabungan TNI, Polri, BPBD, relawan dan warga setempat kemudian melakukan upaya pencarian korban dengan berbagai upaya lantaran alat berat terkendala akses jalan yang tidak bisa dilintasi.

Setelah 19 jam pencarian akhirnya korban pun berhasil ditemukan, akan tetapi nyawanya tak terselamatkan.

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal. Total pencarian memakan waktu 19 jam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Duddy Prabowo.

Menurutnya, enam rumah dinilai rawan terancam longsor sehingga perlu dikosongkan sementara mengingat musim hujan masih berlangsung hingga Januari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com