Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usal Pilkada di Sulsel, 4 Calon Kepala Daerah Positif Covid-19, 2 di Antaranya Meninggal Dunia, Berikut Daftarnya

Kompas.com - 25/12/2020, 06:26 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Pasca-pilkada 2020, jumlah kasus baru Covid-19 di Sulawesi Selatan meningkat drastis. Dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, 12 di antaranya menggelar Pilkada serentak 2020.

Sementara itu dalam dua pekan terakhir, tercatat 500 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Beberapa kantor instansi pemerintahan dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kota Makassar serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selaran ikut terpapar.

Termasuk sebagian yang terpapar adalah aparatur sipil negara. Akibatnya beberapa kantor ditutup sementara untuk disterilisasi.

Selain itu Kampus Universitas Negeri Makassar ditutup sementara karena ada dugaan banyak dosen dan mahasiswanya terpapar Covid-19.

Pihak rektorat pun kemudian mengeluarkan kebijakan penutupan kampus selama 10 hari mulai 23 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Pihak kampus juga melakukan swab test massal kepada semua pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIT).

Usai pilkada, tercatat ada empat calon kepala daerah dan tim sukses yang terpapar Covid-19. Bahkan satu orang calon kepala daerah petahana meninggal dunia usai dinyatakan positif Covid-19.

Berikut daftar calon kepala daerah di Sulawesi Selatan yang terpapar Covid-19:

1. Calon Bupati Barru, Malkan Amin

Calon Bupati Barru Malkan Amin (baju putih), meninggal dunia di hari pencoblosan, Rabu (9122020) siang. DOK TRIBUN-TIMUR.COM Calon Bupati Barru Malkan Amin (baju putih), meninggal dunia di hari pencoblosan, Rabu (9122020) siang.
Malkan Amin calon bupati Burru meninggal di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar di hari pencoblosan Pilkada 2020, Rabu (9/12/2020).

Ia meninggal pukul 10.30 Wita di usia 72 tahun karena terpapar Covid-19.

Malkan adalah pasien rujukan dari RS Bhayangkara Makassar. Ia dibawa ke RSUP Wahidin Sudirohusodo pada Rabu sekitar pukul 00.10 Wita dengan kondisi sudah memburuk.

Pada Pilkada Barru 2020, Malkan Amin berpasangan dengan Andi Salahuddin Rum. Pasangan calon nomor urut 3 tersebut diusung Partai Golkar dan Partai Gerindra dan didukung Partai Berkarya, PAN dan Hanura.

Baca juga: Calon Bupati Barru Meninggal karena Covid-19 di Hari Pencoblosan

2. Calon Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI

Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3 Syamsu Rizal didampingi istri saat hendak mencoblos di Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate, Makassar, Rabu (9/12/2020).KOMPAS.COM/HIMAWAN Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3 Syamsu Rizal didampingi istri saat hendak mencoblos di Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate, Makassar, Rabu (9/12/2020).
Calon Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI beserta istrinya terkonfirmasi positif Covid-19. Ia mengumumkan status kesehatannya melalui akun Instagram pribadinya pada Rabu (16/12/2020).

Syamsu Rizal yang akrab dipanggil Daeng Ical adalah mantan Wakil Wali Kota Makassar periode 2014-2019.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com