Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Pegunungan Kendeng Pati Longsor, Sopir Truk Tewas Tertimbun

Kompas.com - 25/12/2020, 05:46 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PATI, KOMPAS.com - Seorang sopir truk tewas tertimbun longsor galian c di Pegunungan Kendeng, Dukuh Sono, Desa Baleadi, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020) sore sekitar pukul 15.45 WIB.

Kapolres Pati, AKBP Arie Prasetya Syafaat, menyampaikan, korban yakni Nur Kholis (49) warga Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak adalah sopir truk pengangkut material tambang batu di lokasi galian c tersebut.

Sebelum kejadian, korban tengah mengantre muatan batu padas dari ekskavator yang dioperasikan hingga kemudian longsor terjadi.

"Namun  tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari atas tebing tambang yang ternyata longsor. Bebatuan padas kemudian menghujani dan menimbun aktivitas di bawahnya," kata Arie saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Kaleidoskop 2020, Daftar 15 Kecelakaan Maut di Sumatera dan Jabar yang Libatkan Truk dan Bus

Korban yang saat itu masih duduk di kabin truk meninggal dunia dengan luka serius akibat tertimpa bebatuan padas. Sementara truk ringsek.

Korban kemudian dievakuasi ke RSUD Soewondo Pati untuk dilakukan pemeriksaan medis.

Sementara itu 4 unit truk dan 2 unit ekskavator mengalami kerusakan akibat longsor tersebut. 

Diketahui, galian c tersebut adalah milik SS warga Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pati. Tambang bebatuan tersebut diketahui sudah lama beroperasi.

"Saat ini kasus masih didalami Polres Pati," jelas Arie.

Baca juga: Kaleidoskop 2020 Banten, dari Kasus Madu Palsu, Banjir Bandang, hingga Pria Ditangkap karena Kritik Jalan Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com