Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurva Kasus Covid-19 di Banyumas Masih Naik, Ahli: Secara Teori Belum Bisa New Normal

Kompas.com - 24/12/2020, 12:44 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masih terus bertambah.

Tim Ahli Satgas Covid-19 Banyumas dr Yudhi Wibowo mengatakan, puncak kasus Covid-19 di Banyumas diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun ini atau bahkan bisa berlanjut hingga awal tahun depan.

"Dari kurva epidemi bahwa Covid-19 di Banyumas terlihat sedang menuju puncak pandemi di akhir tahun 2020, bahkan kemungkinan berlanjut sampai awal tahun 2021," kata Yudhi melalui keterangan resmi, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Cerita Intan, Siswi SMP yang Bongkar Celengan Bantu Warga Terdampak Covid-19

Untuk itu, menurut Yudhi, dari kajian akademis saat ini sebenarnya belum waktunya penerapan adaptasi kebiasaan baru atau new normal dalam kehidupan sehari-hari.

"Secara teori atau akademisi, jika kurva epidemi masih menunjukkan ke arah puncaknya seharusnya belum dibenarkan diterapkan langkah-langkah new normal," ujar Yudhi.

Idelanya, adaptasi kebiasan baru diterapkan apabila puncak pandemi sudah menunjukkan penurunan minimal dua minggu atau selama empat minggu.

"Artinya bahwa daerah tersebut masuk zona hijau baru bisa diterapkan adaptasi kebiasan baru," jelas dosen Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto ini.

Baca juga: 5 Penumpang Pesawat dari Jakarta Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Pontianak

Namun, karena pertimbangan ekonomi, sosial budaya dan lainnya, hal ini tidak dapat diterapkan secara ideal.

Oleh karena itu, semua pihak harus disiplin menjalankan protokol kesehatan agar dapat memutus rantai penularan di masyarakat.

"Untuk dapat menurunkan puncak pandemi, sangat dibutuhkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat agar terus disiplin terhadap protokol kesehatan," kata Yudhi.

Sementa itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, hingga saat ini total kasus Covid-19 telah mencapai 4.425.

Rinciannya, sebanyak 3.760 orang telah sembuh, 180 orang meninggal dunia, 334 orang dirawat di rumah sakit, 46 orang di rumah karantina dan 105 orang karantina mandiri di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com