Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sekolah Tatap Muka, 60 Guru di Badung Bali Positif Covid-19

Kompas.com - 22/12/2020, 10:23 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BADUNG, KOMPAS.com - Satgas Covid-19 Kabupaten Badung telah melakukan tes swab kepada sekitar 2.600 guru jelang pembelajaran tatap muka, Januari 2021 mendatang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 guru dinyatakan positif Covid-19.

"Benar (60 positif) untuk proses swabnya dilakukan Dinas Kesehatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdikpora Badung, I Made Mandi saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

Mandi mengatakan rencananya total guru yang akan di-swab hingga akhir Desember inu sebanyak 6.248. Kemudian 1.502 pegawai di lingkungan sekolah dan Disdikpora.

Baca juga: Di Salatiga, 20 Guru Terpapar Covid-19, Sekolah Tatap Muka Dikaji Ulang

Ia menjelaskan, mereka yang dinyatakan positif telah menjalani isolasi dan perawatan sesuai prosedur Satgas Covid-19.

Saat ini, Disdikpora Kabupaten Badung sedang mengkaji terkait sekolah tatap muka yang rencananya dibuka Januari mendatang.

Kajian tersebut meliputi hasil swab seluruh guru, verifikasi sekolah terhadap kesiapan menjalankan protokol kesehatan, kesiapan sumber daya manusia, hingga proesedutr sandar operasional pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Belajar Tatap Muka di Solo Ditunda, Ini Penjelasan Wali Kota Rudy

Hasil kajian tersebut lantas akan diserahkan ke Kepala Satgas Covid-19 Badung untuk dinilai apakah mendapatkan izin membuka sekolah tatap muka.

"Setelah itu koordinasi dengan BPBD, Satpol PP, Dinkes. Kalau sudah memandang layak kita akan laporkan ke bupati selaku ketua satgas kabupaten untuk mohonkan izin," kata dia.

Sebanyak 135 orang di Bali tekonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (21/12/2020). Sementara pasien sembuh bertambah sebanyak 118 orang, dan 1 orang meninggal dunia.

Secara kumulatif, pasien yang terkonfirmasi Positif 16.463 orang, sembuh 14.967 orang (90,91%), dan meninggal dunia 486 orang (2,95%). Kasus aktif menjadi 1.010 orang (6,13%), yang tersebar dalam perawatan di 17 RS rujukan, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima dan BPK Pering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com