Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar Masuk Banten Tak Perlu Bawa Hasil Rapid Test Antigen, Kecuali...

Kompas.com - 21/12/2020, 12:17 WIB
Rasyid Ridho,
Khairina

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten belum mewajibkan wisatawan menyertakan hasil rapid test antigen jika akan berwisata di libur akhir tahun ke wilayah Banten.

Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al Muktabar mengatakan, pemberlakuan rapid test antigen belum diterapkan kepada wisatawan yang akan berlibur ke wilayah Banten. Namun, syarat hasil antigen wajib diperlihatkan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

"Wilayah Banten kan sudah menetapkan itu (rapid test antigen) pada kepentingan dalam rangka penerbangan di Bandara," kata Al Muktabar kepada wartawan di Mapolda Banten, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Antrean Membludak, Rapid Test Antigen di Bandara Soekarno-Hatta Mulai Berlaku 22 Desember

Adapun di wilayah publik lainnya, seperti di kawasan obyek wisata, hanya dilakukan pengawasan protokol kesehatan dari Satgas Covid-19.

"Area publik yang membutuhkan penjagaan dalam rangka antisipasinya, dan itu (protokol kesehatan) berlaku secara umum," ujar Al Muktabar.

Kepala Dinas Pariwisata Banten Agus Setiawan menambahkan, meski wisatawan tidak diwajibkan memperlihatkan hasil rapid test antigen, pihaknya memperketat protokol kesehatan bagi pengunjung, pengelola hotel, ataupun wisata.

Baca juga: Mulai 22 Desember, Naik KA Jarak Jauh Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen

Agus menuturkan, Pemprov Banten sudah meminta kabupaten dan kota untuk menutup tempat wisata pada libur akhir tahun ini.

Hal itu sesuai dengan instruksi Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Untuk penutupan wisata nanti kewenangannya ada kab/kota, kita sudah mengirimkan surat (imbauan penutupan) juga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com