Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing Sungai Pelus Purwokerto Longsor, 22 Rumah Terancam, 94 Jiwa Diungsikan

Kompas.com - 18/12/2020, 12:47 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 22 rumah di tepi Sungai Pelus, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, terancam akibat longsor.

Masing-masing sebanyak 20 rumah di Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto dan dua rumah di Desa Ledug, Kecamatan Kembaran.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebanyak tujuh rumah di Kelurahan Arcawinangun tidak dapat ditempati, karena bagian belakang rumah tergerus longsor.

Baca juga: Mari Bantu Warga Korban Longsor di Banyumas

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan, tebing di tepi Sungai Pelus longsor akibat banjir pada Kamis (17/12/2020) sore.

"Hujan deras kemarin sore menyebabkan debit sungai meningkat sehingga tebing tersebut longsor," kata Titik di lokasi kejadian, Jumat (18/12/2020).

Akibat peristiwa itu, kata Titik, sebanyak 30 kepala keluarga (KK) atau sekitar 94 jiwa di Kelurahan Arcawinangun terpaksa diungsikan.

"Sekarang diungsikan ke wisma milik kelurahan. Wisma tersebut biasanya digunakan untuk indekos, tapi karena pandemi jadi kosong, sehingga dimanfaatkan untuk pengungsian," ujar Titik.

Baca juga: Detik-detik Tebing 50 Meter Longsor dan Tewaskan Seorang Petani di Tegal

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banyumas Ery Cahyono mengatakan, awalnya banjir mengakibatkan tebing di sisi utara longsor.

"Awalnya kemarin sore hanya sebelah utara, terus ke bagian sini (selatan). Tadi pagi di sini juga ada longsor susulan," kata Ery.

Menurut Ery, dua titik tebing yang longsor di Kelurahan Arcawinangun dan Ledug berada di tikungan aliran Sungai Pelus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com