Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Brimob Polda Maluku Dikirim ke Jakarta Amankan Demo Menuntut Pembebasan Rizieq Shihab

Kompas.com - 17/12/2020, 16:30 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 100 personel Brimob Polda Maluku dikirim ke Jakarta dalam rangka membantu pengamanan aksi unjuk rasa sejumlah ormas yang akan menuntut pembebasan Rizieq Shihab.

Pelepasan satu satuan setingkat kompi (SSK) pasukan Brimob Polda Maluku ini berlangsung di Makosat Brimob Polda Maluku di kawasan Tantui, Ambon, Kamis (17/12/2020).

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes M Guntur mengatakan, pemberangkatan 1 SSK personel Brimob Polda Maluku tersebut atas instruksi Kapolri untuk ikut mengamankan aksi unjuk rasa di Jakarta yang direncanakan akan berlangsung Jumat besok.

Dalam arahannya, Guntur mengingatkan kepada komandan kompi serta para komandan peleton sebagai komandan pasukan, agar senantiasa memperhatikan para anggotanya saat melakukan tugas dan selalu mengawasi setiap pergerakan anggota.

Baca juga: Ini Penyebab Oknum TNI AL Berkelahi dengan Warga di Ambon

“Bagi para anggota agar mengikuti perintah komandan yang telah memberikan arahan dalam melaksanakan tugas pengamanan aksi unjuk rasa, dan tetap selalu beribadah kepada Allah SWT Tuhan YME,” kata Guntur saat acara pelepasan.

Ia juga mengingatkan anak buahnya untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan ikhlas.

Saat mengamankan unjuk rasa, setiap anggota yang dikirim diminta dapat menempuh cara-cara persuasif dan humanis, sebab para pengunjuk rasa merupakan saudara sendiri dan bukan sebagai musuh.

“Keinginan saya selaku Dansat Brimob Polda Maluku, personel yang di-BKO dari Ambon ke Jakarta berjumlah 100 orang dan harus kembali dalam kondisi sehat ke Polda Maluku dengan jumlah yang sama,” ucap dia.

Baca juga: Terpapar Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Tuban Demam dan Pusing

Ia juga mengingatkan seluruh anggotanya untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan sesama petugas baik dari internal Polri maupun personel TNI ketika bertugas di lapangan.

“Tetap semangat dalam bertugas dan tanamkan pada jiwa pada diri masing-masing, bahwa jiwa ragaku untuk kemanusiaan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita semua," pesan Dansat Brimob. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com