Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

447 Kasus Baru, Sulsel Alami Penambahan Pasien Covid-19 Harian Tertinggi

Kompas.com - 16/12/2020, 19:36 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com– Provinsi Sulawesi Selatan mencatatkan penambahan 447 kasus baru orang terinfeksi Covid-19 pada hari ini, Rabu (16/12/2020).

Jumlah itu merupakan penambahan harian yang terbanyak semenjak virus corona merebak di Sulawesi Selatan.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin, mengatakan memang ada kecenderungan peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

“Ini angkat tertinggi di Sulsel 447 kasus baru dalam sehari. Beberapa hari lalu berada pada angkat 345 sehari, tapi ini lebih tinggi lagi. Perlu memang protokol kesehatan yang ketat lagi di Sulsel,” kata Husni saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Kalteng, Kaltim, Kaltara, Gorontalo, Sulbar, Sulsel, dan Sultra 16 Desember 2020

Husni menilai, terjadi peningkatan kasus di Sulsel dikarenakan kurang kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Penyelenggaraan Pilkada di 12 kabupaten dan kota Sulawesi Selatan juga dipandang ikut berkontribusi ke meningkatnya kasus Covid-19.

“Peningkatan kasus ini terjadi, karena beberapa faktor termasuk Pilkada. Tidak usah disebut beberapa tokoh Pilkada yang kena, sehingga mau tidak mau itu terjadi dan menjadi klaster. Dengan munculnya kandidat-kandidat Pilkada yang terkonfirmasi positif Covid-19, mau tidak mau banyak bersentuhan pasti yang lainnya kena,” bebernya.

Selain karena Pilkada, kata Husni, peningkatan kasus baru karena makin padatnya kegiatan-kegiatan sosial masyarakat.

Baca juga: Angka Kematian Pasien Covid-19 Meningkat di 8 Provinsi, dari Sulsel hingga Jateng

Apalagi, saat ini sejumlah hotel sudah menggelar kembali pesta pernikahan dan pertemuan.

“Itu semua penyebab terjadinya peningkatan kasus yang signifikan di Sulsel, yang mana tidak ketat dalam protokol kesehatannya. Jadi penyebaran kian meluas dan banyak orang yang terjangkit,” tandasnya.

Selain mengumumkan jumlah kasus baru, Husni juga menyatakan, pada hari ini ada tambahan 120 pasien Covid-19 yang sembuh dan dua pasien meninggal dunia.

Secara akumulatif, hingga hari ini ada 23.572 kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan. Sebanyak 19.672 di antaranya sembuh, sedangkan 535 lainnya meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com