Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tangkap Buaya Sepanjang Satu Meter di Waduk Mrican Banjarnegara

Kompas.com - 11/12/2020, 13:00 WIB
Iqbal Fahmi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Seekor buaya berukuran satu meter ditangkap warga dari perairan Waduk Mrican atau Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (10/12/2020).

Predator yang diduga berjenis buaya muara ini terjerat perangkap ikan yang ditebar oleh nelayan bernama Roni Prasetyawan (25).

“Kejadian sekitar pukul 10.00 WIB, jadi Mas Roni ini sedang mencari ikan di waduk seperti biasa. Nah waktu wuwu (perangkap ikan) diangkat, ternyata buayanya masuk ke situ,” kata Kepala Desa Wanakarsa, Kecamatan Wanadadi, Erna Ariyanti ketika dikonfrimasi, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Bupati Banjarnegara Terjun Langsung Perbaiki Jalan Rusak, Ganjar: Terima Kasih Sudah Peduli

Erna menceritakan, buaya tersebut sangat agresif dan berusaha merobek jaring perangkap.

Roni lantas meminta bantuan tiga rekannya hingga berhasil mengikat buaya tersebut dan dibawa ke balai desa.

“Buayanya tidak tahu jantan atau betina, tapi yang jelas agresif sekali, jadi warga pada takut waktu mau nangkap,” ujarnya.

Erna dan warga setempat meyakini masih ada buaya lain di perairan sekitar waduk. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar lebih waspada saat beraktifitas di sekitar waduk. Terlebih saat ini debit waduk tengah surut sehingga ruang gerak satwa air dimungkinkan semakin sempit.

“Di sekitar waduk memang banyak satwa yang berukuran raksasa, seperti pelus atau biawak, kalau buaya ini baru pertama kali ditangkap, tapi kalau hanya penampakan pernah ramai 10 tahun lalu,” terangnya.

Baca juga: Jalan Provinsi Penuh Lubang, Bupati Banjarnegara Rogoh Kocek Pribadi untuk Perbaiki

Setelah ditangkap, lanjut Erna, buaya tersebut lantas diserahkan ke Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Banjarnegara.

Pasalnya, buaya muara merupakan satwa dilindungi dan perlu perlakuan khusus dalam perawatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com