Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Gunungkidul, Belum Ada Paslon yang Berani Klaim Kemenangan

Kompas.com - 09/12/2020, 23:25 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Berbeda dengan pilkada di daerah lain, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, belum ada yang berani mengklaim kemenangan.

Dalam beberapa versi hitung cepat atau quick countpaslon nomor 04 unggul tipis dari pasangan nomor urut 01.

Ketua Sekber Pemenangan Nomor 04 Sunaryanta-Heri Susanto, Ratno Pintoyo mengatakan, pihaknya belum berani mengklaim sepenuhnya menang.

Baca juga: Quick Count Pilwalkot Semarang, Hendi-Ita Unggul 91,57 Persen Lawan Kotak Kosong

 

Meski hasil penghitungan dari saksi pasangan nomor urut 04 memperoleh 32 persen suara, disusul paslon urut 01 Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto mendapatkan 29 persen suara, dan pasangan nomor urut 03 Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi memperoleh 28 persen.

Sementara, pasangan nomor urut 02 Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi dengan dukungan sebanyak 11 persen.

Meski yakin dengan kemenangan versi mereka, karena margin error atau batas kesalahan kecil, Ratno mengaku pihaknya belum bisa mengklaim kemenangan secara resmi.

Ratno mengatakan, timnya masih menunggu perhitungan resmi dari KPU.

"Data kita riil dengan margin error sangat kecil dan kami yakin menang karena datanya hampir akurat. Kami akan ikuti dan kawal proses rekapitulasi yang dilakukan KPU," kata Ratno ditemui wartawan di Kapanewon Nglipar Rabu (9/12/2020) malam.

Baca juga: Diduga Kelelahan, Pengawas TPS di Nunukan Tabrak Trotoar dan Alami Pendarahan di Kepala

Dari pengamatan di rumah Sunaryanta di Kapanewon Nglipar, ratusan orang sudah datang ke rumah calon bupati yang diusung Partai Golkar dan PKB itu. Mereka saling mengucapkan selamat atas kemenangan versi hitung cepat.

Sementara dari informasi, pasangan nomor urut 01 akan menggelar konferensi pers mengenai hasil Pilkada 2020, pada Kamis (10/12/2020)

Anggota KPU Gunungkidul Andang Nugroho mengatakan, belum bisa berkomentar lebih jauh mengenai versi hitung cepat.

Sesuai dengan tahapan dilaksanakan rekapitulasi di tingkat kapanewon mulai 10-14 Desember. Untuk rekap di kabupaten akan dilaksanakan maksimal tanggal 20 Desember 2020 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com