Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Jawa Tengah Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Selama Lima Hari ke Depan

Kompas.com - 07/12/2020, 17:15 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memperkirakan, dalam periode lima hari ke depan Jawa Tengah berpotensi dilanda cuaca ekstrem dengan curah hujan berintensitas lebat, dapat disertai petir dan angin kencang.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Achadi Subarkah Raharjo mengatakan, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih adanya shear line atau belokan angin di wilayah Jateng, pusat tekanan rendah dan garis palung tekanan rendah di selatan Jateng.

"Selain itu fenomena MJO yang saat ini sedang melintas di wilayah Indonesia didukung masa udara yang labil serta kelembaban udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jateng," jelasnya dalam siaran pers, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG: Jakarta dan Bodebek Diguyur Hujan Hari Ini

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es, dan yang lainnya.

"Dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ujarnya.

Baca juga: Fakta Terkini Banjir Bandang di Medan, Peringatan BMKG hingga Penyisiran Korban Hilang

Peringatan dini cuaca ekstrim di wilayah Jateng itu diperkirakan terjadi selama 6-11 Desember 2020 di sejumlah wilayah, antara lain:

Tanggal 6 Desember 2020

Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kabupateb Semarang, dan sekitarnya.

Tanggal 7 Desember 2020

Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kabupaten Semarang, dan sekitarnya.


Tanggal 8 Desember 2020

Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Kabupaten Semarang, dan sekitarnya.


Tanggal 9 Desember 2020

Pemalang, Pekalongan, Batang, Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, dan sekitarnya.


Tanggal 10 Desember 2020

Brebes, Tegal, Pemalang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kebumen, Purworejo, Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, dan sekitarnya.


Tanggal 11 Desember 2020

Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kabupaten Semarang, Salatiga, Kebumen, Purworejo, Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com