Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemas, 3 Mahasiswa Aceh yang Mogok Makan Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 02/12/2020, 20:49 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Tiga mahasiswa Aceh yang melakukan aksi mogok makan di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dilarikan ke rumah sakit karena kondisi fisik mereka terus melemah. 

Sejak pagi hari, dua di antaranya terlihat tergeletak lemas di tenda yang mereka dirikan.

Sekretariat DPRA pun memerintahkan petugas klinik kesehatan DPR Aceh untuk memeriksa keduanya.

Baca juga: 3 Mahasiswa Aceh Aksi Mogok Makan Tuntut Isi MoU Helsinki Dituntaskan

Setelah berdialog dengan pihak kepolisian, tiga pendemo ini akhirnya memutuskan untuk mengakhiri aksi demo dan bersedia dibawa ke rumah sakit.

“Namun saya masih akan tetap mogok makan hingga pertahanan terakhir walau itu di rumah sakit," ujar Ichsan Khelda, koordinator aksi mogok makan, Rabu (2/12/2020).

Kasubbag Humas DPR Aceh, Mawardi Adam, mengatakan, para mahasiswa ini langsung dilarikan ke rumah sakit dengan didampingi tim kesehatan sekretariat DPR Aceh dan tim dari kepolisian.

"Mereka sudah dibawa ke Rumah Sakit  Zainal Abidin (RSUZA) oleh tim sekretariat DPRA dan juga didampingi polisi," kata Kasubag Humas DPRA Mawardi Adam, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: Demi Dapatkan Cinta Mantan Pacar, Pria Ini Mogok Makan

Mogok makan dilakukan mahasiswa ini untuk menuntut pemerintah lebih memperhatikan nasib masyarakat, terutama korban konflik, fakir miskin, dan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka,  dengan merealisasikan butir-butir kesepakatan (MoU) Helsinki dengan sempurna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com