Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.416 Surat Suara Rusak, KPU Lamongan Minta Percetakan Ganti

Kompas.com - 01/12/2020, 18:32 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan mengonfirmasi, ada sebanyak 6.416 surat suara yang bakal diperuntukkan untuk agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat mengalami kerusakan dan dinilai tidak layak untuk digunakan.

Jumlah tersebut diketahui setelah jajaran KPU Lamongan melakukan sortir dan pelipatan kertas suara beberapa hari kemarin.

Surat suara tersebut diketahui mengalami kerusakan dan tidak layak digunakan, dengan tingkat kerusakan bervariasi.

Baca juga: 6.868 Surat Suara Pilkada Kabupaten Kediri Rusak, Ada yang Robek dan Gambarnya Tembus

"Kami hari ini bersurat ke pihak percetakan, terkait permintaan pengganti dari sejumlah surat suara yang rusak," ujar Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali, saat dikonfirmasi, Selasa (1/12/2020).

Mahrus mengatakan, pihaknya sudah berkirim surat kepada PT Temprina Media Grafika yang berada di Wringinanom, Gresik, selaku pihak percetakan surat suara untuk dapat segera menggantikan jumlah surat suara yang rusak, sebelum pelaksanaan Pilkada Lamongan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Rincian surat suara yang dinyatakan rusak dan tidak layak tersebut, sebanyak 4.044 lembar terdapat bercak tinta, 2.061 lembar tidak ada gambar, 209 lembar surat suara diketahui robek, dan sebanyak 102 lembar surat suara tersebut dinyatakan tidak simetris.

"Untuk surat suara yang rusak akan dimusnahkan, dengan nantinya disaksikan oleh para pihak terkait dan dibuatkan berita acara," ucap dia.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang di Lamongan, Pohon Tumbang dan Tanggul Sungai Longsor

Menghadapi Pilkada Lamongan yang tinggal delapan hari lagi, KPU Lamongan mencetak sebanyak 1.066.205 lembar surat suara.

Jumlah ini berdasar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah 2,5 persen untuk persiapan cadangan.

Untuk hari ini, selain berkirim surat kepada pihak percetakan untuk pergantian surat suara yang rusak, KPU Lamongan juga fokus menyelesaikan setting packing surat suara untuk selanjutnya didistribusikan, Rabu (2/12/2020) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com