Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi 5 Anak yang Hilang Saat Gunung Ile Lewotolok Erupsi Ditemukan

Kompas.com - 30/11/2020, 21:25 WIB
Nansianus Taris,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LEWOLEBA, KOMPAS.com - Lima anak dari Desa Waienga, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata NTT, yang dikabarkan hilang pada Minggu (29/11/2020), berhasil ditemukan warga Desa Lamalela, Senin (30/11/2020) sore.

Kelima anak tersebut berhasil ditemukan warga desa Lamalela pada sebuah pondok di perkebunan milik salah seorang warga Desa Lamalela, Kecamatan Lebatukan.

"Kurang lebih pukul 13.35 Wita warga Lamalela umumkan, mereka sudah berhasil ditemukan di pondok perkebunan seorang warga," terang Kepala Desa Waienga, Bernadus Belia saat dihubungi Kompas.com, Senin malam.

Bernadus melanjutkan, mendapat informasi dari warga, pihaknya bersama anggota Kepolisian, TNI, Basarnas, dan tenaga medis, langsung menuju ke tempat kelima anak tersebut ditemukan.

Baca juga: Hilang Saat Gunung Ile Lewotolok Meletus, 5 Anak Ini Akhirnya Ditemukan

Pada pukul 16.00 Wita tim gabungan tiba di lokasi. Tim langsung melakukan pertolongan dan penanganan medis terhadap kelima anak yang sudah diamankan warga Desa Lamalela.

"Saat ditemukan, salah satu dari kelima anak tersebut dalam keadaan lemas dan sedang tidur. Sedangkan keempat anak lainya dalam keadaan sehat, tetapi kondisinya drop karena apar dan haus. Tim gabungan memberi mereka makan dan minum secukupnya," terang Bernadus.

Selanjutnya, tim membawa 5 anak tersebut bergeser dari Desa Lamalela menggunakan mobil ambulans menuju Puskesmas Hadakewa.

Di puskesmas, dokter dan para medis melakukan observasi terhadap kelima anak tersebut.

Pukul 18.00 Wita, kelima anak tersebut dihantar ke Desa Waiengan untuk melakukan seremoni adat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com