Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Karawang Kekurangan Reagen PCR Covid-19, Berencana Beli 5.000 Unit

Kompas.com - 30/11/2020, 07:55 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang kerepotan soal reagen polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 seiring meningkatnya kasus virus corona beberapa bulan terakhir.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Acep Jamhuri menyebut pihaknya memiliki tiga alat PCR untuk pengujian sampel Covid-19. Jumlah tersebut dinilai masih cukup untuk menguji spesimen dari pelacakan kasus Covid-19.

"Kita kerepotan reangen-nya," ujar Acep saat dihubungi, Senin (30/11/2020).

Baca juga: Paslon Cellica-Aep Siapkan Program Keagamaan untuk Kabupaten Karawang

Soal kebutuhan reagen itu, Acep mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan opsi membeli sendiri.

"Kita juga ada skenario beli minimal 5.000," ujar Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang itu.

Reagen diperlukan seiring banyaknya spesimen yang harus diuji pada pelacakan kasus Covid-19. Dalam dua bulan terakhir, kasus Covid-19 di Karawang terus meningkat.

Baca juga: Jelang Coblosan Pilkada, KPU Karawang Kekurangan 2.243 Surat Suara

 

Hingga Minggu (29/11/2020) jumlah kasus virus corona di Karawang sebanyak 2.757 orang, naik 55 dari hari sebelumnya. Rinciannya 624 dalam perawatan, 2.030 sembuh, dan 103 meninggal dunia.

Pemkab Karawang juga menjadikan tiga hotel untuk pasien Covid-19 tanpa gejala. Sebab, kapasitas ranjang pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan penuh.

"Kita tambah untuk hotel yang digunakan untuk isolasi bagi pasien Covid-19. Tenaga kesehatan untuk ditempatkan di hotel tersebut juga sudah direkrut," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com