Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 di Banyumas Naik, Obyek Wisata Baturraden Kembali Ditutup

Kompas.com - 27/11/2020, 09:48 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Setelah sempat dibuka selama kurang lebih empat bulan, obyek wisata Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali ditutup.

Kebijakan tersebut diambil menyusul adanya peningkatan kasus virus corona (Covid-19) di Kabupaten Banyumas sejak beberapa pekan terakhir.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Asis Kusumandani mengatakan, penutupan telah dilakukan sejak Kamis (26/11/2020) hingga 10 Desember mendatang.

"Obyek wisata yang milik pemerintah kabupaten sudah ditutup, salah satunya Lokawisata Baturraden," kata Asis saat dihubungi, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Besok, Lokawisata Baturraden Kembali Dibuka, Pemesanan Tiket Melalui Online

Selain Lokawisata Baturraden, pemkab juga telah menutup Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan dan Bale Kemambang.

Asis berharap, Lokawisata Baturraden yang menjadi obyek wisata unggulan di Banyumas ini dapat dibuka kembali pada akhir tahun ini.

"Harapannya begitu, kalau Covid-19 terkendali. Kalau tidak terkendali, mungkin kebijakan Pak Bupati akan diperpanjang. Kami belum tahu, menunggu kebijakan bupati," ujar Asis.

Meski Lokawisata Baturraden ditutup, kata Asis, masih terdapat beberapa obyek wisata alternatif di kaki Gunung Slamet itu yang bisa dikunjungi wisatawan.

Asis menambahkan, pihaknya juga telah membuat surat edaran kepada seluruh pengelola obyek wisata, baik yang dikelola swasta maupun desa wisata.

"Kami mengingatkan kembali agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya obyek wisata, tapi juga jasa usaha wisata," kata Asis.

Baca juga: Obyek Wisata Baturraden Kembali Buka Mulai Besok, Pengunjung Dibatasi 500 Orang

Diberitakan sebelumnya, setelah sempat dilonggarkan, Pemkab Banyumas akan kembali memperketat kegiatan masyarakat.

Hal itu menyusul kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang cukup signifikan pada bulan November ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com