Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ingatkan Prestasi Jabar soal Pilkada Tanpa Huru-hara

Kompas.com - 24/11/2020, 13:38 WIB
Agie Permadi,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi menggelar apel kesiapsiagaan di Mapolda Jabar, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan ini sebagai upaya kesiagaan dalam menangani corona, Pilkada dan libur panjang pada Desember mendatang.

Sebanyak 8.000 personel diterjunkan dari jajaran kepolisian dan TNI, serta 4.000 dari jajaran Pemprov Jabar guna mengawal tiga kegiatan itu.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Jabar Dimulai Tahun Depan, Ridwan Kamil Siapkan Aturan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan pada pengalaman Pilkada sebelumnya, di mana banyak terobosan peningkatan sinergitas dan kedisiplinan yang dilakukan di Jabar.

Pria berkacamata yang akrab disapa Emil ini menilai, berdasarkan jejak rekam Pilkada di Jabar, belum pernah ditemukan adanya keributan baik di level pemilihan gubernur maupun pemlihan presiden.

"Jabar selalu menjadi Provinsi terbaik, tidak ada kekerasan, tidak ada kaca pecah, tidak ada tumpah darah, dan peluru lepas. Itu berkat etos dari Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi," ujar Emil.

Baca juga: Begal Sadis, Korban Tewas Ditembak Saat Bonceng Istri dan Anak

Emil meyakini TNI dan Polri akan siap menjalankan tugas untuk mengawal Pilkada.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, terkait penanganan corona, pihaknya mendukung kegiatan masyarakat.

Polda akan memastikan roda perekonomian tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ahmad mengatakan, kehadiran TNI dan Polri untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Satgas Covid-19 terkait disiplin protokol kesehatan, khususnya sanksi teguran, imbauan hingga penegakan hukum.

"Bila diperlukan penegakan hukum yang lebih tegas, artinya sudah jelas ada Undang-Undang Karantina Kesehatan, ada pasal di KUHP dan hal itu akan kita lakukan dengan tegas," ucap Dofiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com