Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Perdana Pilkada Pandeglang, Dua Paslon Kompak Janjikan Jalan Mulus

Kompas.com - 23/11/2020, 18:32 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Dua pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang menjalani debat perdana, Senin (23/11/2020).

Dalam debat sesi pertama yang ditayangkan oleh Kompas TV, Kedua kandidat yakni Irna Nurlita-Tanto Arban dan Thoni Fatoni Mukson-Miftahul Tamami saling unjuk gagasan membangun infrastruktur jalan.

Berdasarkan data yang dimiliki, Thoni menyebut jika masih ada 600 kilometer jalan di Kabupaten Pandeglang rusak parah. Jalan rusak, kata dia tersebar merata di 309 desa dan keluarga.

Baca juga: Didukung 9 Partai, Irna-Tanto Resmi Daftar Cabup Pandeglang Periode Kedua

"Kami meyakini Thoni - Imat akan menyelesaikan 100 kilometer per tahun, sehingga kepemimpinan Thoni Imat lima tahun sukses jalan terbentang mantap dilalui," kata Thoni.

Pernyataan Thoni diamini oleh wakilnya Miftahul Tamami atau Imat, dia mengatakan, yang akan mendahulukan hak masyarakat seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Namun pernyataan tersebut ditangkis oleh Tanto yang diberi kesempatan menjawab. Tanto membeberkan jika jalan rusak di Pandeglang bukan 600 kilometer lantaran 230 kilometer di antaranya sudah dituntaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

"230 kilometer sudah kita tuntaskan, dan jalan desa dari 1.400 kilometer sudah kita selesaikan 365 kilometer," kata Tanto.

Baca juga: Peta Bencana Alam Banten Akhir 2020: Tangerang Raya hingga Cilegon Rawan Banjir, Lebak dan Pandeglang Rawan Tsunami

Petahana klaim bangun jalan dan pusat kesehatan

Irna Narulita yang kemudian menambahkan, satu periode dirinya dan Tanto menjabat, tidak hanya membangun jalan saja, namun juga memprioritaskan kesehatan masyarakat di antaranya membangun 24 puskesmas baru dan satu rumah sakit.

Sementara terkait jalan, Irna mengatakan akan melanjutkan pembangunan jalan yang belum selesai dan beranji bisa tuntas pada 2023 mendatang.

"Insya Allah ada 206 km jalan kabupaten yang belum kami selesaikan 2023 tuntas dan jalan poros desa bertahap tapi pasti dituntaskan," kata Irna.

Baca juga: Sandiaga Lihat Ekonomi Masyarakat di Pandeglang Mulai Membaik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com