Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Salah Kirim Jenazah Pasien Covid-19, Ini Penjelasan RSUD Dr Moewardi Solo

Kompas.com - 20/11/2020, 21:41 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Peristiwa salah kirim jenazah pasien positif Covid-19 ke daerah asalnya terjadi di RSUD Dr Moewardi Solo, Jawa Tengah pada Rabu (18/11/2020).

Petugas rumah sakit yang diberi tugas mengirim jenazah pasien Covid-19 asal Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, justru salah kirim ke Kabupaten Pati.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Direktur Utama RSUD Dr Moewardi Solo, Cahyono Hadi membenarkan peristiwa salah kirim jenazah pasien Covid-19 ke daerah asalnya itu.

"Iya, salah kirim," kata Cahyono, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: 2 Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Asimtomatik di Sleman Hampir Penuh

Dia menjelaskan ada dua pasien positif Covid-19 meninggal di rumah sakit. Masing-masing berasal dari Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Pati.

Pihak rumah sakit meminta petugas mengirimkan jenazah pasien Covid-19 asal Kecamatan Simo. Namun, petugas salah kirim ke Kabupaten Pati.

Sebab, jenazah pasien asal Kabupaten Pati belum diberangkatkan dari rumah sakit karena tidak ada keluarga yang mendampingi.

Baca juga: Positif Covid-19, Bupati Bogor Sempat Dirujuk ke RSPAD

Setelah mengetahui jenazah pasien asal Pati masih di rumah sakit, petugas akhirnya kembali lagi dan mengantar jenazah pasien itu ke Kecamatan Simo.

"Jenazah pasien asal Pati masih di rumah sakit belum diberangkatkan. Kemudian petugas kembali mengantar jenazah itu dari Pati ke Simo," terang dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com