Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zona Merah Covid-19, IDI Sarankan Pemkot Tegal Karantina Wilayah Tingkat RT/RW

Kompas.com - 20/11/2020, 15:40 WIB
Tresno Setiadi,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Kesehatan mencatat sudah ada 930 warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Jumat (20/11/2020) pukul 15.00 WIB.

Terus melonjaknya kasus, membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tegal menyarankan agar Pemkot bisa mengarantina wilayah tingkat RT/RW untuk melindungi warganya dari Covid-19.

Ketua IDI Kota Tegal dr. Said Baraba mengatakan, karantina wilayah tingkat RT/RW akan lebih efektif dibandingkan dengan kembali melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti awal-awal ada kasus Covid-19.

Baca juga: Tambah 36 Ruang Isolasi dan Siapkan HCU, RSUD Kardinah Tegal Bongkar Tenda Screening

"Kota Tegal saat ini zona merah. Sekarang penyebaran Covid-19 sudah bukan antar kota, namun penyebarannya sudah lokal. Jika akan karantina lebih baik tingkat RT atau RW," kata Said kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Menurut Said, Pemkot Tegal menerapkan PSBB di awal-awal merebaknya Covid-19 memang sudah tepat.

Diawali dengan lokal lockdown hingga PSBB dua kali membuat Kota Tegal zona hijau berhasil menekan penyebaran kasus.

"Namun kembali melonjaknya kasus karena masyarakat kita mungkin salah mengartikan new normal. New normal dianggap sudah normal sehingga merasa bebas. Padahal new normal itu suatu kebiasaan baru misalnya dulu tidak pakai masker sekarang pakai masker," katanya.

Baca juga: Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Tegal Terlambat Datang, RDP Penanganan Covid-19 Kembali Ditunda

Sementara itu, mengacu data corona.tegalkota.go.id, dari total ada 930 kasus positif Covid-19 warga Kota Tegal, rinciannya 37 dirawat, 344 isolasi mandiri, 507 sembuh, dan 42 meninggal.

Di website yang dikelola Dinas Kesehatan itu juga mencatatkan kasus Covid-19 yang menimpa warga luar Kota Tegal namun mendapatkan perawatan di Kota Tegal.

Yaitu jumlahnya mencapai 254 kasus positif Covid-19. Dengan rincian 34 dirawat, 66 isolasi mandiri, 103 sembuh, dan 51 orang meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com