Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

IDP Ajak Pemerintah Daerah Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Kompas.com - 20/11/2020, 07:45 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon Petahana Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (IDP) mengatakan, secara umum, pemerintah daerah wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam kondisi apapun.

"Pemerintah daerah juga harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," IDP  saat menjadi narasumber talkshow Ruang Publik Kantor Berita Radio (KBR) yang digagas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bekerjasama dengan GIZ Transformasi, Kamis (19/11/2020).

Adapun beberapa pelayanan terbaik yang dimaksud IDP yakni pertama, pemerintah harus dipastikan dalam kondisi sehat, terutama bagi layanan yang memerlukan interaksi secara langsung.

Baca juga: Cuti Sebagai Bupati Luwu Utara, IDP Dapat Banyak Tawaran Jadi Narasumber

Kedua, lanjut dia, pemerintah harus mengedukasi masyarakat untuk tidak khawatir mendatangi tempat-tempat pelayanan publik.

"Ketiga, pemerintah harus bisa menenangkan hati masyarakat dengan dengan cara memberikan informasi yang jelas dan terverifikasi dengan baik," jelasnya.

Keempat, IDP meminta pemerintah daerah memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat pemberian layanan berjalan dengan baik.

Terlebih, menurut IDP, wilayah terpencil ditambah adanya pembatasan akibat Covid-19, menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam menghadirkan pelayanan yang inovatif.

Baca juga: Kunjungi Tanalili, Pjs Bupati Luwu Utara Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

"Dengan adanya berbagai pelayanan tersebut, diharapkan tak ada kekhawatiran masyarakat," kata IDP seperti dalam keterangan tertulisnya.

IDP mengatakan, dalam mewujudkan pelayanan yang inovatif itu, pemerintah daerah Luwu Utara telah menyusun beberapa strategi yang diterapkan selama masa Pandemi Covid-19

"Salah satu strategi kami adalah sinergi program dari pemerintah pusat, provinsi sampai kabupaten," jelas IDP.

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan (Sulsel) ini mengatakan, dengan adanya sinergi itu, pemerintah daerah bisa memastikan layanan dapat terus berjalan sesuai yang diharapkan.

Baca juga: KPU Luwu Utara Catat 2.743 Pemilih Disabilitas Mental Terdaftar di DPT

"Selain bersinergi, kami juga ada puluhan inovasi yang lahir dari para guru khususnya di masa Covid-19," sambungnya.

Lebih jauh, IDP mengatakan, terkait pelayanan publik, pihaknya telah membuat beberapa perencanaan guna memastikan pelayanan publik tetap berjalan meski terbatas.

Kemudian, sambung IDP, pemerintah daerah juga mempersiapkan strategi terutama saat pemulihan pasca Covid-19.

“Saat ini sudah terjadi perubahan sosial budaya dalam pemberian layanan. Nanti setelah masa pemulihannya, baru ada penyesuaian yang kami lakukan," imbuhnya.

Baca juga: Bupati Luwu Utara Pertimbangkan Gelar KBM Tatap Muka di Sekolah

Sekadar informasi, IDP didaulat menjadi narasumber tunggal pada talkshow ini karena ia dinilai memiliki kepedulian besar terhadap pelayanan yang memihak kepentingan masyarakat.

“Ibu Indah adalah salah satu pemimpin kharismatik dan berdedikasi di Indonesia, sehingga sangat pantas beliau kita jadikan narasumber,” kata Team Leader GIZ Transformasi, Elke Rapp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com