Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Bupati dan Wabup Probolinggo Dicatut untuk Penipuan

Kompas.com - 18/11/2020, 17:12 WIB
Ahmad Faisol,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Beredar tangkapan layar nomor WhatsApp Bupati Probolinggo P Tantriana Sari yang meminta bantuan dana untuk yayasan dan ponpes.

Serta akun Facebook Wabup Timbul Prihanjoko yang meminta dana untuk penanganan Covid-19.

Nomor WhatsApp bupati palsu itu mengirimkan chat ke nomor seseorang dan menggalang bantuan dana untuk ponpes dan yayasan.

Perkenalkan saya dengan Ibu Haji Puput Tantriana Sari selaku Bupati Probolinggo saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan ponpes apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan," tulis akun WhatsApp itu ke nomor seseorang.

Nomor bupati palsu itu menggunakam gambar bupati yang mengenakan kaca mata, berjilbab dan berbaju putih. Persis Bupati Tantri.

Baca juga: Debit Air Kecil, Warga Dusun di Probolinggo Andalkan Air Hujan untuk Minum, Ini Faktanya

Sejauh ini, belum ada laporan yang menjadi korban aksi penipuan yang mencatut foto dan nama Bupati Probolinggo ini.

Berbeda dengan akun Facebook palsu Wabup Timbul Prihanjoko. Akun itu membuat seseorang tertipu dan mentransfer uang Rp 100.000.

Dari percakapan di akun Facebook asli wabup, diinformasikan wabup palsu mengirim pesan melalui Messenger untuk minta uang dengan mengirim duit ke sebuah nomor rekening bank. Permintannya ada yang hingga Rp 10 juta.

Menanggapi hal itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Cristian menyebut, dalam kasus ini, nama Bupati Probolinggo digunakan untuk melakukan penipuan via WhatsApp.

Menurutnya, akun WA yang memiliki nomor 083830167711 itu mencoba untuk melakukan penipuan dengan modus pengumpulan donasi untuk yayasan dan ponpes.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com