Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua RS di Kabupaten Tegal Juga Over Kapasitas Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Kompas.com - 16/11/2020, 20:55 WIB
Tresno Setiadi,
Khairina

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Setelah RSUD Kardinah di Kota Tegal, 2 rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan di Kabupaten Tegal juga kelebihan kapasitas ruang isolasi imbas melonjaknya kasus Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr. Joko Wantoro mengatakan, kedua rumah sakit yang kelebihan daya tampung tersebut yakni RSUD dr. Soeselo Slawi dan RSI PKU Muhammadiyah Singkil.

"Dari kapasitas 86 tempat tidur yang tersedia di RSUD dr. Soeselo Slawi sudah terisi 93 orang. Sementara dari 36 tempat tidur yang tersedia di RSI PKU Muhammadiyah sudah terisi 39 orang," kata Joko dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Ruang Isolasi Penuh, Pasien Mengarah Suspect Covid-19 di RSUD Kardinah Tegal Dirawat di Tenda Darurat

Joko mengatakan, dari pantuan pihaknya, pada sejumlah rumah sakit, sudah terjadi over capacity atau kelebihan daya tampung pasien suspek, probabel maupun positif Covid-19 di ruang isolasi.

“Total saat ini kami ada 278 tempat tidur untuk menampung pasien suspek, probabel dan konfirmasi positif di sembilan rumah sakit. Dari kapasitas tersebut, sudah terisi 232 pasien," kata Joko.

Joko menambahkan, pasien dari dua rumah sakit yang sudah over capacity, bahkan harus dialihkan ke rumah sakit lain.

"Tentunya dengan memperhatikan kondisi pasien karena fasilitas penanganan dan dukungan sumber daya rumah sakit berbeda-beda," kata dia.

Joko mengungkapkan, ada rumah sakit yang hanya untuk menampung pasien dengan gejala ringan, namun ada pula untuk pasien dengan gejala berat seperti harus memakai ventilator untuk alat bantu pernapasan.

Baca juga: Camat di Jepara Meninggal Positif Covid-19, Diduga Transmisi Lokal

Sebelumnya, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mencatatkan penambahan 466 kasus Covid-19 dalam sebulan terakhir per 13 November. Dari 466 kasus, 26 orang di antaranya meninggal dunia.

Dengan penambahan kasus itu, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tegal mencapai 944 orang. Rinciannya 830 sembuh, 48 dirawat, dan 66 meninggal.

Diberitakan sebelumnya, over kapasitas ruang isolasi juga terjadi di RSUD Kardinah Kota Tegal yang menjadi rumah sakit lini pertama menangani kasus Covid-19.

Sejumlah pasien yang mengarah ke suspect Covid-19 di RSUD Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah terpaksa sementara dirawat di tenda darurat rumah sakit setempat, Senin (16/11/2020).

Plt. Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto mengatakan, kebijakan itu diambil rumah sakit karena 57 ruang isolasi yang disediakan telah terisi penuh.

"Di tenda khusus pasien yang mengarah ke suspect Covid-19. Ada 6 pasien sekarang di tenda," kata Hery, saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Hery mengatakan, tenda darurat atau Posko Triase yang berada di dekat UGD memang sudah lama didirikan untuk menampung lonjakan pasien.

"Pasien awal masuk di UGD untuk screening. Kalau mengarah ke suspect, sekarang ini diarahkan ke tenda untuk pemeriksaan lanjutan. Kalau pasien biasa langsung ke ruang perawatan," kata Hery.

Hery mengatakan, pihaknya berencana menambah ruang isolasi setelah 57 ruang isolasi yang disediakan sudah terisi penuh untuk merawat pasien.

"Info pagi tadi ruang isolasi semua sudah terisi. Mudah mudahan kalau ada yang pulang nanti bisa diisi dari pasien yang ditenda. Sekarang juga sedang kita pikirkan untuk menambah ruang isolasi baru lagi," kata Hery.

Sementara itu, data corona.tegalkota.go.id, Senin (16/11/2020) pukul 13.58 WIB, total ada 841 pasien positif Covid-19 warga Kota Tegal. Rinciannya 41 dirawat, 324 isolasi mandiri, 437 sembuh, dan 39 meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com