Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai hingga Amazon Investasi ke Jabar, Ridwan Kamil: Jabar Disukai dan Dicintai Investor

Kompas.com - 16/11/2020, 12:47 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jawa Barat (Jabar) masih menjadi primadona investasi di tanah air. Hingga November 2020, Jabar mencatat raupan investasi sebesar Rp 380 triliun.

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP), jumlah tersebut datang dari realisasi investasi pada Semester I 2020 sebesar Rp 86,3 triliun. 

Lalu tahapan persiapan investasi yang mencapai Rp 347 triliun berasal dari 11 perusahaan global dan nasional dimana dua di antaranya adalah Hyundai dan Amazon Web Service.

Sumbangan investasi lain hadir dari komitmen lima proyek garapan BUMD dengan sejumlah pihak dengan total Rp 4,01 triliun.

Baca juga: Ingin Bangun Pabrik Mobil di Jabar, Bos Hyundai Minta Insentif Pajak ke Jokowi

 

Juga, datang dari 16 proyek investasi yang ditawarkan di ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2020 senilai Rp 40 triliun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tingginya investasi di Jabar menjadi wujud Jabar masih dilirik investor meski di tengah pandemi Covid-19.

“Selama Pandemi malah meningkat sampai Rp 380 triliun, komitmen realisasi investasi menunjukan Jawa Barat disukai dan dicintai investor,” kata Emil, sapaan akrabnya dalam acara West Java Investment Summit (WJIS) 2020 di Savoy Homann, Kota Bandung, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Jabar Diusulkan Diganti Jadi Provinsi Sunda, Ini Awal Mula Usulan dan Tanggapan Ridwan Kamil

Upaya menjaga komitmen investasi

Sementara itu, Kepala DMPTSP Jawa Barat Noneng Komara mengatakan, realisasi eksekusi investasi mangkrak, komitmen dan tawaran proyek investasi membuat nilai investasi ke Jawa Barat tinggi.

Adapun kategori tahapan investasi baru akan bergulir pada 3-5 tahun ke depan. Ia pun berupaya menjaga komitmen agar arus investasi ke Jabar tetap terawat.

Berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) pada periode Januari hingga September 2020, total realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di 27 kabupaten/kota se-Jabar mencapai Rp 86,3 triliun dengan jumlah penyerapan tenaga kerja sebanyak 86.627 orang serta 13.386 jumlah proyek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com