Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguyur Hujan Semalaman, 4 Desa di Cilacap Kembali Tergenang Banjir

Kompas.com - 16/11/2020, 10:39 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Sebanyak empat desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kembali tergenang banjir setelah diguyur hujan lebat, Minggu (15/11/3020) malam.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kroya, Kabupaten Cilacap Gunardi menyampaikan, ketinggian air bervariasi antara 20 sentimeter hingga 80 sentimeter.

"Desa yang terdampak di Kecamatan Kroya yaitu Desa Kedawung, Sikampuh dan Mujur Lor. Satu desa lainnya yaitu Desa Karangreja, Kecamatan Maos," kata Gunardi saat dihubungi, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Banjir di Kecamatan Kroya Cilacap Meluas, 773 Jiwa Mengungsi

Selain akibat curah hujan tinggi, kata Gunardi, banjir di Kecamatan Kroya juga disebabkan luapan air dari dua sungai di wilayah tersebut.

Sementara di Kecamatan Kroya banjir terjadi akibat luapan air dari sawah.

Menurut Gurnardi, total warga yang terdampak akibat banjir sebanyak 142 kepala keluarga (KK). Sebanyak 17 KK di antaranya terpaksa mengungsi di sejumlah titik.

Rinciannya di Kecamatan Kroya, 4 KK di Desa Kedawung mengungsi ke rumah saudara dan 4 KK mengungsi di MI Muhammadiyah Mujur Lor.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang 8 Kampung di Cianjur, 60 Rumah Terendam

Sedangkan di Desa Karangreja, Kecamatan Maos warga mengungsi di beberapa lokasi, antara lain balai desa, rumah kepala desa dan rumah-rumah warga.

"Pagi ini air sudah surut, hanya tinggal di pekarangan rumah saja," jelas Gunardi.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur, Senin (26/10/2020) dini hari mengakibatkan banjir di sejumlah desa di Kabupaten Cilacap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com