Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes Lhokseumawe: Insentif 79 Tim Medis Covid-19 Cair November

Kompas.com - 15/11/2020, 18:41 WIB
Masriadi ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe memastikan insentif 79 tenaga medis mulai dokter hingga perawat akan cair bulan ini. Hal itu sesuai janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Covid-19 mewabah di Indonesia.

“Totalnya ada 79 tenaga kesehatan yang mendapat insentif itu," kata Kepala Bidang Layanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Lhokseumawe, Lasmita, dihubungi per telepon, Sabtu (15/11/2020).

"Khusus untuk bulan Maret sampai Mei 2020 yang uangnya sudah ditransfer dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah,” lanjutnya. 

Baca juga: Insentif Tenaga Medis Covid-19 di Aceh Utara Belum Cair sejak Maret

Dia menyebutkan, saat ini berkas amprahan insentif itu telah berada di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Lhokseumawe untuk verifikasi seterusnya pencairan sesuai rekening bank penerima.

“Biasanya kalau sudah di keuangan itu tak lama lagi pencairannya. Bulan ini mungkin sudah diterima seluruh tenaga kesehatan itu,” kata Lasmita.

Untuk bulan berikutnya dari Juni ke Desember 2020, sambung Lasmita, mereka masih menunggu dana transfer pusat ke daerah.

Baca juga: Insentif Covid-19 Perawat RSUCM Aceh Utara Per 3 Bulan Dibayar Rp 5.000-Rp 18.000

 

Dana insentif itu merupakan dana APBN yang diberikan khusus untuk tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 di seluruh Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, di Kabupaten Aceh Utara, hingga hari ini seluruh tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 belum menerima insentif.

Plt Sekda Aceh Utara, Murtala, menyebutkan Dinas Kesehatan Aceh Utara belum mengajukan amprahan dengan alasan petunjuk teknis amprahan dana tersebut masih berubah-ubah dari Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga: 103 Tenaga Kesehatan di RSUD Bulukumba Keluhkan Insentif yang Belum Cair

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com