Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pasien Covid-19 Melarikan Diri dari RSPAW Salatiga

Kompas.com - 11/11/2020, 11:52 WIB
Dian Ade Permana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Seorang pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif melarikan diri dari ruang perawatan di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga, Jawa Tengah.

Pasien tersebut laki-laki berusia 68 tahun asal Kelurahan Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga.

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSPAW Salatiga Hasto Nugroho pasien tersebut masuk menjalani perawatan pada Jumat (30/10/2020).

"Pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dia meninggalkan ruang perawatan pada Sabtu (7/11/2020)," jelasnya saat dihubungi Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Cerita Psikiater Tangani Pasien Covid-19, dari Pasien Sakit Jiwa Kabur hingga Pakai APD Lengkap

Hasto mengungkapkan dari hasil swab test kedua, sejatinya oleh dokter pasien tersebut direncanakan untuk pulang pada Senin (9/11/2020).

"Karena secara medis kondisi pasien sudah baik, sudah tidak terpasang infus. Sambil menunggu hasil rontgen ulang dan lab darah rutin yang dikerjakan Sabtu tersebut, tapi Sabtu sore diketahui pasien sudah tidak berada di ruang rawat inap," paparnya.

RSPAW Salatiga, lanjutnya, sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Salatiga, Dinas Kesehatan Kota Salatiga, dan Polres Salatiga.

"Termasuk juga berkomunikasi dengan pihak keluarga karena sampai saat ini keberadaan pasien belum diketahui. Kita berharap pengobatan dan perawatan bisa tuntas," ungkapnya.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Solo yang Kabur dari Rumah Sakit Belum Juga Ditemukan

Hasto berharap agar pasien yang menjalani perawatan penanganan Covid-19 bisa lebih bersabar.

"Kita harus terus mengikuti protokol kesehatan di rumah sakit dan lingkungan. Termasuk kepada masyarakat jangan memberi stigma kepada pasien dan keluarganya, kita semua harus memberi dukungan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com