KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Jateng Raih Penghargaan Provinsi Inovatif, Ganjar: Kreasi, Riset dan Inovasi Jadi Kebiasaan Kami

Kompas.com - 10/11/2020, 17:14 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengatakan berkat keseriusan provinsi, kabupaten dan kota di Jateng, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng meraih peringkat pertama penghargaan Indonesia Award sebagai Provinsi Inovatif.

"Penghargaan ini diraih karena kreasi, riset dan inovasi sudah menjadi kebiasaan kami," kata Ganjar saat menerima penghargaan tersebut di Auditorium BJ Habibie, di Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Turut hadir menemani Ganjar menerima penghargaan adalah perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPemkab Kendal, dan Pemkab Wonogiri. Ketiga Pemkab ini juga menerima anugerah Kabupaten Inovatif.

Penghargaan tersebut, lanjut Ganjar, tak lepas dari stimulus yang dilakukan pemerintah agar inovasi daerah bisa terus berkembang.

Baca juga: Dorong Turis Datang ke Jateng, 415 Tempat Wisata Dinyatakan Patuh Protokol Kesehatan

Ganjar pun mengaku senang karena tidak hanya Pemprov Jateng yang menerima penghargaan, sebab ada kabupaten, kota, individu, peneliti dan kampus di wilayahnya yang mendapat apresiasi.

"Ini bagian dari cara kami merangsang daerah-daerah bisa melakukan inovasi, kreasi, risetnya agar lebih banyak menyelesaikan persoalan daerah," jelasnya.

Dalam acara yang dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo itu, Ganjar mengatakan, inovasi Jateng yang mendapat perhatian, yakni sekolah virtual untuk anak putus sekolah.

"Melalui inovasi itu, Pemprov Jateng tak sekadar menggelar pembelajaran daring, namun juga membuat aplikasi hingga silabus khusus," tutur Ganjar.

Baca juga: Pemprov Jateng Jadi Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Terbaik Sektor Pemerintah 2020

Sekolah virtual tersebut, kata Ganjar, diikuti anak usia pelajar yang tak mampu sekolah karena masalah biaya.

"Kini mereka pun dapat sekolah dengan memilih sendiri waktu pembelajaran di sela-sela bekerja," kata Ganjar seperti dalam keterangan tertulisnya.

Bukan hanya dari pemprov, Ganjar menyatakan, beragam inovasi datang pula dari sumbangan masyarakat dan komunitas di Jateng dalam beberapa tahun terakhir.

"Inovasi yang kami lakukan di Jateng mulai dari pengolahan makanan, alat dan sistem pertanian, hingga teknologi," tuturnya.

Baca juga: Tata Kelola Arsip Provinsi Jateng Terbaik se-Indonesia

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengapresiasi Provinsi Jateng serta kabupaten dan kota di provinsi tersebut yang mendapatkan penghargaan.

"Banyak hasil inovasi dari masyarakat Jateng yang mendapatkan semacam supervisi atau dukungan dari lembaga penelitian, dan pengembangan (litbang) setempat," puji Bambang.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com