Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta SM Amin, Pahlawan Nasional Kelahiran Aceh, Gubernur Pertama Sumut dan Riau

Kompas.com - 10/11/2020, 14:14 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Peringatan Hari Pahlawan 11 November 2020, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada MR Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution.

SM Amin Nasution adalah Gubernur Riau Pertama di Provinsi Riau masa pemerintahan Presiden  Soekarno, yang menjabat sejak 5 Maret 1958 hingga 6 Januari 1960.

Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Gubernur Pertama Sumatera Utara (Sumut), yang dilantik oleh Presiden Soekarno pada 18 Juni 1948 di Kutaradja, Aceh.

Pada masa itu setelah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1948 tentang pembagian provinsi Sumatera disahkan, Aceh menjadi satu kesatuan dengan Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Jokowi Bakal Anugerahkan SM Amin dan Soekanto Pahlawan Nasional, Gatot Nurmantyo Bintang Mahaputera

SM Amin Nasution lahir di Lhoknga, Aceh pada 22 Februari 1904. Ia merupakan salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam sejarah pergerakan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. 

Ia kembali diangkat jadi gubernur Sumatera Utara pada 22 Agustus 1952, saat konflik antara Aceh dan Sumatera Utara.

Sebagai tokoh masyarakat di Riau, nama SM Amin juga diabadikan pada salah satu jalan protokol di Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau.

Baca juga: Pahlawan Nasional SM Amin, Gubernur Pertama Sumut dan Tokoh Sumpah Pemuda

Jadi contoh bagi generasi muda

Gubernur Riau Syamsuar turut berbangga atas penetapan SM Amin Nasution sebagai pahlawan nasional pada Hari Nasional 10 November 2020. 

Ia menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh rakyat Riau mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan gelar pahlawan kepada tokoh di Bumi Lancang Kuning.

"Semoga beliau (SM Amin) mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT, dan mudah-mudahan perjuangannya dinilai oleh Allah SWT sebagai amal ibadah," ucap Syamsuar kepada wartawan usai menggelar Upacara Bendera Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, Selasa (10/11/2020) pagi.

Syamsuar juga berharap, para generasi muda saat ini dapat mencontoh dan meneladani serta menjadikan motivasi dari SM Amin yang telah berjuang untuk negara dan bangsa.

"Semoga tentunya dan masih banyak lagi putra-putri Riau yang bisa berjuang dengan semangat kebangsaan sekaligus juga membuat sesuatu yang berarti bagi kemajuan bangsa dan negara, khususnya juga di Provinsi Riau," kata Syamsuar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com